alexametrics

Dari Total 14 Pasien Hepatitis Misterius, Paling Banyak Usia Balita

19 Mei 2022, 11:19:12 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kesehatan mengumumkan total kasus hepatitis per tanggal 17 Mei 2022 yakni 14 kasus. Jumlah itu terdiri dari 1 kasus probable dan 13 kasus pending classification. Kasus ini paling banyak diderita oleh anak di bawah 5 tahun atau balita.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan ada 1 kasus probable pemeriksaan hepatitis A, B, C, dan E non reaktif dan patogen lainnya pun negatif.

Sedangkan 13 kasus pending classification itu ada 1 kasus di Sumatera Utara, 1 kasus di Sumatera Barat, 7 kasus di DKI Jakarta, 1 kasus di Jambi, dan 3 kasus di Jawa Timur.

“Kelompok umur kasus terbanyak adalah di bawah 5 tahun ada tujuh kasus,” katanya dalam keterangan resmi Kemenkes, Kamis (19/5).

Lalu, usia 6 sampai 10 tahun ada dua kasus, dan 11-16 tahun ada lima kasus. Dari 14 kasus dugaan hepatitis akut terdapat 6 kasus meninggal dunia, 4 kasus masih dirawat, dan 4 kasus sudah dipulangkan.

“Ini perubahan jumlah kasus dari hari sebelumnya tanggal 15 atau 16 Mei itu ada pengurangan kasus di probable. Ternyata setelah dilakukan pemeriksaan terakhir dia sepsis bakteri, sehingga dia kasusnya discarded (atau disingkirkan),” kata dr. Syahril.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads