alexametrics

Catat 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Cegah Kanker Serviks

19 Januari 2020, 16:12:04 WIB

JawaPos.com – Area leher rahim atau serviks bisa terserang virus Human Papiloma (HPV) pemicu kanker serviks. Salah satu untuk mencegah kanker serviks adalah menjalani gaya hidup dan hubungan yang sehat. Termasuk dengan mengasup makanan yang sehat.

Makan sehat tidak diragukan lagi, penting untuk kesehatan. Menurut American Cancer Society, risiko perempuan terkena kanker dapat berkurang jika makan minimal 5 porsi buah dan sayuran setiap hari.

Tentu saja ada alasan biologis karena buah dan sayuran kaya antioksidan yang secara alami dapat memperlambat atau menghentikan proses yang menyebabkan sel kanker bermutasi. Dilansir dari Livehack, Minggu (19/1), ada beberapa makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk membuat serviks lebih sehat.

1. Wortel

Wortel bukan hanya untuk mata tetapi wortel mengandung beta-karoten dan karoten. Sehingga bisa melawan penyerapan karsinogen ke dalam sel-sel tubuh. Anda bisa memakannya mentah, memasaknya, atau memasukkannya sebagai bagian dari salad.

Teh hijau mengandung polifenol yang bagu untuk mencegah kanker. (Healthline)

2. Teh Hijau

Teh Hijau adalah minuman alternatif yang juga terkenal dengan banyak manfaat kesehatan. Salah satu alasannya adalah antioksidan di dalam teh hijau. Selain itu teh hijau mengandung polifenol yang merupakan jenis antioksidan yang membantu mencegah pembelahan dan penggandaan sel kanker.

3. Kacang Polong

Kacang polong dapat menjadi makanan favorit semua orang. Selain murah, tinggi serat, dan tinggi protein, kacang polong mencegah kerusakan sel-sel. Fitokimia yang merupakan komponen dalam kacang-kacangan dianggap memperlambat pertumbuhan tumor. Fitokimia ini melindungi sel-sel sehat agar tidak diubah menjadi sel kanker.

4. Selada

Selada adalah bagian dari sayuran hijau yang mengandung flavonoid. Dianggap oleh banyak orang sebagai sumber nutrisi yang memberikan tingkat perlindungan terhadap kanker.

5. Roti Gandum

Roti gandum bisa mengisi jumlah karbohidrat. Makanan ini kaya karbohidrat sama pentingnya dengan buah-buahan dan sayuran, dan mengandung vitamin B6. Vitamin ini diperlukan untuk mengatur sistem kekebalan tubuh, menjaga metabolisme sel darah merah, dan meningkatkan kesehatan sistem saraf serta menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads