alexametrics

Serangan Jantung Seperti Ashraf Sinclair Sering Dikira Maag

18 Februari 2020, 11:40:03 WIB

JawaPos.com – Seseorang seringkali menganggap remeh saat menderita sakit. Apalagi jika itu adalah gejala sakit jantung. Beberapa gejala penyakit jantung koroner (PJK) umumnya memberikan gejala khas. Jikapun tak ada gejala seperti yang dialami aktor Ashraf Sinclair, adalah mereka yang asimtomatik atau tanpa gejala.

Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Iwan Dakota menjelaskan, PJK sangat tergantung dari di mana lokasi penyempitan pembuluh darahnya. Bisa timbul gejala awal seperti sesak dada atau nyeri dada sampai ke arah punggung dan lainnya.

“Namun orang sering mengira masuk angin kemudian dikerok,” katanya kepada JawaPos.com, Selasa (18/2).

Lalu masyarakat juga harus paham bahwa serangan jantung bisa menyerang pembuluh darah sebelah kanan, tak hanya di kiri. Namanya Right Coronary Artery.

“Nah kalau di kanan ini keluhannya mirip sekali seperti keluhan nyeri lambung atau maag. Seperti nyeri ulu hati. Memang masyarakat harus perlu diedukasi,” tegas dr. Iwan.

Menurutnya, karena mirip dengan keluhan pada lambung, maka orang seringkali minum obat maag. Sayangnya tidak efektif.

“Beda ya dengan maag, bukan karena telat makan. Beda. Bedanya itu kalau makan obat maag enggak mempan, minum obat jantung enakan. Nah kan,” paparnya.

Karena itu siapapun yang menyadari dirinya punya faktor risiko wajib memeriksa kesehatannya secara rutin. Pemeriksaan dilakukan menyeluruh dari mulai tekanan darah, gula darah, kolesterol dan jantung minimal setahun sekali.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads