alexametrics

Cegah Asma Hingga Kanker dengan Secangkir Air Jahe Tiap Pagi

17 November 2019, 10:00:13 WIB

JawaPos.com – Bukan rahasia lagi kalau jahe biasanya dijadikan minuman untuk menghangatkan badan. Tak hanya itu, air jahe ternyata juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Minum air jahe secara rutin setiap pagi dianggap lebih berkhasiat. Bukan hanya sebagai obat, tetapi bisa mengontrol dan mencegah beberapa penyakit.

Seperti dilansir dari Orissa Post, Minggu (17/11), cara membuat air jahe pun cukup mudah. Hanya tinggal ambil beberapa ruas jahe lalu direbus dan diminum airnya. Setidaknya, minuman kesehatan ini dipercaya memiliki 6 manfaat bagi kesehatan.

1. Masalah Perut

Air jahe memainkan peran penting dalam pencernaan. Secara tidak langsung meningkatkan penyerapan makanan dan menghindari sakit perut. Sehingga bisa meningkatkan nafsu makan dengan melepaskan asam lambung.

2. Lawan Asma

Ilustrasi. Minum air jahe bisa mencegah asma kambuh. (Hanung Hambara/Jawa Pos)

Minum teh jahe bisa bermanfaat memgatasi asma. Jahe membantu melonggarkan dahak dan memperluas paru-paru. Sehingga membantu untuk pulih dari kesulitan bernapas. Jahe juga mengurangi alergi dan bersin terus menerus.

3. Perbaiki Sirkulasi Darah

Minum secangkir teh jahe bisa meningkatkan aliran darah, mencegah demam, kedinginan, dan keringat berlebih. Jahe mengandung senyawa aktif seperti mineral dan asam amino yang berguna dalam memperlancar aliran darah dan mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Nyeri Menstruasi

Tempatkan handuk panas yang dicelupkan ke dalam teh jahe di area perut. Cara ini akan membantu mendapatkan meredakan sakit dan akan mengendurkan otot. Minum air jahe juga akan memberi efek menenangkan.

5. Batuk dan Pilek

Minumlah secangkir air jahe jika sering menderita batuk dan pilek. Ini membantu melonggarkan dahak dan mengendurkan sistem pernapasan. Air jahe memberikan kehangatan pada tubuh dan membuat tubuh merasa segar.

6. Cegah Kanker

Jahe memgandung antioksidan untuk mencegah kanker, termasuk kanker ovarium. Jahe juga sering diminum untuk masa penyembuhan pasien kanker dengan kemoterapi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads