alexametrics

Pernah Kena Omicron, Lebih Mudah Terinfeksi Varian BA.4 dan BA.5

17 Juni 2022, 07:28:21 WIB

JawaPos.com – Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diyakini lebih menular daripada varian Omicron sebelumnya. Subvarian ini juga memicu kenaikan kasus di berbagai negara termasuk Indonesia. Terlebih, ternyata subvarian BA.4 dan BA.5 berpotensi menulari seseorang yang sebelumnya sudah pernah varian Omicron.

Ahli spesialis penyakit dalam dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengatakan BA.4 dan BA.5 lebih mudah menular. Subvarian ini juga lebih mudah menginfeksi seseorang yang pernah tertular Omicron sebelumnya.

“Lebih menular dan dapat menembus kekebalan seseorang yang pernah terinfeksi Omicron sebelumnya,” tegasnya dalam kicauannya yang sudah dikonfirmasi JawaPos.com, Kamis (16/6).

Terkait soal efektivitas vaksin melawan varian ini, Prof Zubairi mengatakan bukti saat ini belum cukup untuk memastikan kemanjuran vaksin dan hasil klinis lainnya, dibandingkan dengan varian sebelumnya. Selain itu, menurutnya belum ada data bahwa BA.4 dan BA.5 menyebabkan penyakit yang lebih parah.

“Belum ada data bahwa BA.4 atau BA.5 menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada subvarian Omicron yang beredar saat ini,” tegasnya.

Sebaran BA.4 dan BA.5 di dunia, sejak pertama diidentifikasi di Afsel awal tahun ini, persebaran BA.4 dan BA.5 memang cukup pesat di berbagai negara. Salah satu contoh di Amerika Serikat. Pada awal Mei hanya 1 persen. Tapi, saat ini BA.4 dan BA.5 menyumbang 21 persen kasus baru di AS. Dan, di Indonesia sudah ditemukan 20 kasus Omicron BA.4 dan BA.5.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: