alexametrics

Imunisasi Dasar saat Kecil Tak Lindungi Anak dari Hepatitis Misterius

17 Mei 2022, 05:49:28 WIB

JawaPos.com – Mayoritas orang tua merasa resah dengan kasus hepatitis misterius yang menyebar ke seluruh dunia. Mereka berharap imunisasi dasar untuk mencegah hepatitis saat anak-anak masih bayi hingga balita dapat melindungi anak mereka dari hepatitis misterius. Sayangnya, harapan itu dipatahkan para ahli yang menilai bahwa imunisasi dasar saat anak-anak masih bayi dan balita tidak melindungi mereka dari hepatitis misterius.

Mengapa? Hal itu karena imunisasi tersebut untuk mencegah hepatitis A dan B. Sedangkan hepatitis misterius belum diketahui apa penyebabnya.  Ahli Kesehatan dari Rumah Sakit Anak Erlanger Birmingham, Dokter Charles Woods mengatakan jika anak Anda divaksinasi, itu tidak akan membantu melawan virus jenis ini. Imunisasi hanya efektif untuk hepatitis A dan B.

“Itu adalah virus yang berbeda dan vaksin itu bekerja dengan baik untuk Hepatitis A dan B,” kata Woods seperti dilansir dari Channel 9, Selasa (17/5). “Tetapi penyakit yang (diduga) karena adenovirus ini sangat berbeda. Tidak ada perlindungan silang untuk ini,” ungkapnya.

Dokter Woods mengatakan bahwa dari kasus-kasus yang dihasilkan dari jenis baru ini, beberapa di antaranya serius. Sejauh ini, sebagian besar anak-anak telah pulih. “Namun, ada beberapa yang mengalami kerusakan hati yang sangat parah akibat virus yang harus menjalani transplantasi hati karena hati mereka pada dasarnya gagal,” kata Woods.

Di AS, Departemen Kesehatan Kabupaten Hamilton memperingatkan orang tua setempat untuk memperhatikan gejala kasus hepatitis di antara anak-anak. Departemen Kesehatan ingin mengingatkan masyarakat tentang kasus hepatitis baru-baru ini di antara anak-anak yang sehat.

Gejala hepatitis pada anak antara lain demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, urin berwarna gelap, tinja berwarna terang, nyeri sendi, dan penyakit kuning. Jika anak Anda mengalami salah satu gejala di atas selama lebih dari beberapa hari dan disertai dengan kulit dan mata yang menguning, segera hubungi dokter. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads