alexametrics

Viral Akar Bajakah untuk Kanker Payudara, Kenali 3 Fakta Obat Herbal

16 Agustus 2019, 11:28:48 WIB

JawaPos.com – Manfaat akar bajakah yang ditemukan para siswa di Palangka Raya, Kalimantan Tengah mendadak viral. Sebab akar bajakah dikatakan bisa menjadi obat kanker payudara. Meski begitu, manfaat obat herbal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Sebetulnya, bagaimana penggunaan obat herbal untuk membantu pasien kanker melawan penyakitnya?

Dilansir dari Cancer Research United Kingdom, Jumat (16/8), ternyata penggunaan obat herbal sebagai pendamping terapi kanker sudah lama digunakan. Bahkan tak hanya negara Barat, tetapi tentunya obat herbal juga banyak tersedia dalam resep pengobatan Tiongkok.

Obat herbal umumnya terbuat dari tanaman atau campuran ekstrak tumbuhan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan. Biasanya menggunakan kombinasi bagian tanaman, misalnya daun, bunga atau akar. Setiap bagian dari tanaman dapat memiliki penggunaan obat yang berbeda.

Untuk itu, obat herbal biasanya disebut phytomedicine, phytotherapy atau pengobatan botani. Meski demikian, memang masuk sedikit bukti ilmiah atau bahkan tidak cukup andal untuk membuktikan kalau obat herbal layak dianggap sebagai pengobatan untuk kanker. Berikut tiga fakta obat herbal untuk kanker.

1. Fakta Seputar Obat Herbal

Obat herbal adalah salah satu terapi komplementer dan alternatif yang paling banyak digunakan oleh penderita kanker. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sebanyak 6 dari setiap 10 orang penderita kanker (60 persen) menggunakan obat herbal. Orang-orang telah menggunakan obat herbal selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan.

Obat herbal dipercaya sebagai cara alami untuk membantu Anda rileks dan mengatasi kecemasan dan depresi. Salah satunya meredakan nyeri penderita kanker. Sebuah studi 2011 di Inggris mengungkapkan, pasien kanker yang menggunakan obat-obatan herbal merasa lebih terkendali dan tidak menimbulkan efek samping.

2. Fakta Obat Herbal Barat

Pengobatan herbal negara Barat berfokus pada seluruh riwayat keluarga ketika melihat suatu penyakit. Maka akan dilihat riwayat kesehatan pribadi, riwayat keluarga, gaya hidup. Terapis herbal Barat biasanya membuat bahan obat-obatan yang berasa dari Eropa dan Amerika Utara. Mereka juga menggunakan herbal dari Tiongkok dan India. Obat herbal dipercaya membantu tubuh pasien untuk menyembuhkan dirinya sendiri atau mengurangi efek samping dari perawatan medis.

3. Fakta Obat Herbal China

Obat herbal China adalah bagian dari keseluruhan sistem pengobatan. Sistem ini disebut Pengobatan Tradisional Cina (TCM). TCM bertujuan untuk mengembalikan Qi Anda (diucapkan chee). Praktisi TCM percaya bahwa Qi adalah aliran energi dalam tubuh dan sangat penting untuk kesehatan yang baik. Dan Yin yang merujuk pada kualitas Qi yang berbeda.

TCM meliputi akupuntur, terapi pijat, herbal remedies tradisional, latihan pernapasan dan gerakan yang disebut qi gong (diucapkan chee goong) dan latihan gerakan yang disebut tai chi (diucapkan dasi chee). TCM menggunakan ratusan zat obat. Sebagian besar adalah tanaman, tetapi ada juga beberapa mineral dan produk hewani. Ahli dapat menggunakan bagian tanaman yang berbeda. Mereka juga menggunakan daun, akar, batang, bunga atau biji. Biasanya, mereka menggabungkan herbal dan meresepkannya sebagai teh, kapsul, atau bubuk.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads