alexametrics

Tubuh Kuning Tak Selalu Akibat Hepatitis, Ini Penjelasan Dokter

16 Mei 2022, 16:35:53 WIB

JawaPos.com – Hepatitis menjadi penyakit yang paling sering dibicarakan akhir-akhir ini karena munculnya wabah hepatitis misterius di dunia. Padahal hepatitis secara umum adalah peradangan hati yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu tanda yang paling umum adalah ditandai dengan jaundice atau kulit berwarna kuning.

Menurut Ahli Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam, hepatitis asal kata dari hepar atau adanya peradangan di hati. Penyebabnya bisa macam-macam.

“Bisa sering muncul ya dari virus. Virus ini pun memang selama ini teridentifikasi ada 5, hepatitis A, B, C, D, dan E. Si virus itu menyerang liver kita,” katanya dalam wawancara di YouTube Klikdokter, baru-baru ini.

“Yang sering kami periksakan sebagai klinisi adalah jenis A, B, dan C,” kata Prof Ari.

Perbedaan Hepatitis A-E

Laporan Emergency Live, perjalanan hepatitis virus berbeda tergantung pada virus yang terlibat dan karakteristik pasien. Semua virus menyebabkan hepatitis akut, seringkali tanpa gejala dan durasinya relatif singkat (4-6 minggu). Dalam proporsi yang bervariasi, infeksi virus B, C dan D dapat menjadi kronis, yang terjadi ketika hepatitis akut berlangsung lebih dari 6 bulan.

Hepatitis A hanya terjadi dalam bentuk akut. Hepatitis E biasanya terjadi dalam bentuk hiperakut. Hepatitis D (delta) memiliki biologi khusus. Hepatitis B, C, dan D dapat berkembang menjadi sirosis dan kanker hati. Itulah sebabnya pengenalan dini terhadap infeksi membantu mencegah komplikasi ini.

Hepatitis Tak Hanya dari Virus dan Kuman

Menurut Prof Ari, hepatitis tak hanya disebabkan oleh virus dan kuman, tetapi bisa juga pada kondisi lain. Misalnya saat orang terkena DBD, kondisi itu bisa juga menyebabkan kondisi liver kita terganggu.

Penyakit tipes juga dapat membuat hati kita terganggu maka disebut dengan hepatitis tifosa yang disebabkan oleh kuman salmonella. Ada juga karena kuman leptospirosis dari kencing tikus.

“Termasuk juga keracunan obat, namanya Hepatitis Drug Induce. Karena pengobatan,” tambahnya.

Tubuh Kuning Tak Hanya Hepatitis

Prof Ari juga menegaskan penyebab tubuh seseorang menjadi kuning bukan hanya disebabkan oleh hepatitis akut, tetapi bisa karena penyebab lain. Makanya masyarakat harus dapat lebih sadar mengenai gejalanya.

“Paling menonjol itu kalau hepatitis gejalanya kuning. Padahal kuning itu belum tentu hepatitis akut,” tegasnya.

Penyebabnya macam-macam. Misalnya :

Kuning bisa disebabkan karena sumbatan batu empedu atau tumor

Kuning juga bisa disebabkan karena hepatitis A bisa kuning

Pasien liver yang sudah mengalami sirosis atau sakitnya sudah lebih advance bisa juga timbul gejala kuning

“Maka kuning tak selalu karena hepatitis, dan hepatitis pun tak selalu disebabkan oleh hepatitis akut. Akan tetapi bicara hepatitis misterius atau ‘unknown’ ini, jika ada gejala awalnya seperti diare, mual, dan muntah, segera bawa ke dokter deh. Jika berlanjut bisa fatal,” tegas Prof Ari.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads