alexametrics

Hepatitis Akut Kemungkinan Bukan soal Imunitas

16 Mei 2022, 15:12:19 WIB

JawaPos.com – Hepatitis akut yang tak diketahui penyebabnya sangat mungkin tidak dipicu oleh gangguan imun. Meski demikian, analisis tentang penyakit itu masih terus dinamis dengan kemunculan data-data baru.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama menyebutkan, hepatitis akut berat yang kini banyak dibicarakan bermula dari laporan ke WHO dari International Health Regulations (IHR) National Focal Point negara Inggris pada 5 April 2022.

Menurut laporan itu, terdapat 10 kasus hepatitis akut yang tak diketahui penyebabnya pada anak usia 11 bulan sampai 5 tahun di Skotlandia. Padahal, semula kondisi anak-anak itu baik-baik saja. ’’Jadi, bukan anak-anak yang ada gangguan imun atau immunocompromised,’’ jelas Yoga kemarin (15/5).

Sesuai aturan IHR, negara harus melapor ke WHO jika ada masalah kesehatan yang berpotensi menyebar lintas negara. Tugas itu dibebankan pada IHR focal point negara tersebut. Hal yang sama berlaku bagi Indonesia. Setelah WHO menerima laporan dan mengklarifikasi, akan disebarkan ke IHR focal point negara-negara anggota WHO.

Persoalan hepatitis akut, kata Yoga, tentu sudah diterima IHR focal point di Jakarta. Kemudian, WHO akan meneruskan informasi tersebut ke Disease Outbreak News (DONs) untuk kewaspadaan bersama dan berupaya agar penyakit itu tidak menyebar luas. ’’Kalau memang ada potensi meluas, WHO akan membentuk emergency committee khusus untuk penyakit tersebut. Terdiri dari pakar berbagai negara,’’ jelas anggota IHR Focal Point Indonesia tahun 2009–2015 itu.

Meski demikian, menurut epidemiolog Dicky Budiman, semua masih sebatas hipotesis. Sebab, data solid masih terus diolah. Peneliti Global Health Security tersebut meyakini bahwa kecenderungan utama hepatitis masih berkaitan dengan infeksi Covid-19.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/c18/oni

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads