alexametrics

Coba Atasi Depresi hingga Autisme dengan Terapi Musik

16 April 2021, 04:21:26 WIB

JawaPos.com – Musik bukan saja menjadi media hiburan. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk terapi kesehatan. Diantaranya bagi pasien atau orang dengan keluhan depresi, stroke, sampai penyandang autisme.

Manfaat terapi musik untuk kesehatan itu disampaikan oleh Jessica Hariwijaya seorang terapis musik di Siloam Hospitals Lippo Village. “Musik terapi dapat menciptakan ruang untuk berkembang. Memberikan kesempatan untuk berkomunikasi tanpa diperlukan kata-kata,” katanya dalam diskusi edukasi kesehatan Kamis (15/4).

Dia mengatakan di tempatnya bekerja, terapi musik sudah terbukti secara klinis membantu menangani masalah kejiwaan yang berhubungan dengan penyakit emosional, kognitif, sampai masalah sosial. Seperti orang yang sering mengalami depresi dan trauma karena kejadian tertentu. Kemudian penderita autisme atau anak berkebutuhan khusus.

Lalu juga cocok untuk orang yang mengalami kerusakan otak seperti stroke dan cedera otak traumatis. Selanjutnya untuk orang-orang atau penderita gangguan jiwa dan orang yang mengidap demensia atau pikun.

Jessica menuturkan melalui terapi musik, orang-orang dengan kondisi tadi lebih peka terhadap emosi. Kemudian dapat membangun koneksi dengan orang-orang yang mereka sayangi.

Dia juga mengingatkan terapi musik tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Tetapi oleh terapis yang memiliki sertifikat dan terapinya bisa individu atau kelompok.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads