alexametrics

Perlukah Pasien Autoimun Divaksin Covid-19? Ini Kata Dokter

15 Desember 2021, 09:32:12 WIB

JawaPos.com – Pasien autoimun perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk vaksinasi Covid-19. Penyakit autoimun ditandai dengan peradangan sistemik, di mana sistem kekebalan yang tidak teratur menyebabkan kerusakan atau disfungsi organ target. Penyakit autoimun reumatik termasuk kondisi seperti lupus eritematosus sistemik (LES), rheumatoid arthritis (RA) dan sklerosis sistemik (scleroderma), di mana jaringan ikat (tulang rawan, sinovium sendi, kulit) paling sering menjadi sasaran.

Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Reumatologi Prof. Dr. dr. Harry Isbagio, SpPD-KR, KGer, mengatakan tantangan yang dihadapi oleh pasien LES begitu tinggi, terutama di tengah pandemi Covid-19. Meningkatnya risiko penularan virus Covid-19 pada pasien autoimun membuat pasien lupus harus mengambil tindakan pencegahan ekstra. Pasien LES yang dirawat di rumah sakit karena sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) disebabkan oleh Covid-19 memiliki risiko mortalitas lebih tinggi dan kondisi yang buruk secara signifikan, dibandingkan dengan individu yang sehat tanpa penyakit bawaan lainnya.

“Pandemi Covid-19 ini kemungkinan akan dapat menyebabkan munculnya penyakit autoimun, termasuk penyakit autoimmune inflammatory rheumatic, seperti lupus, artritis reumatoid,” katanya dalam tertulis, Rabu (15/12).

Lalu pentingkah pasien autoimun divaksin?

Sayangnya, menurut Prof. Harry imunogenesitas (respon tubuh terhadap vaksin) pada jenis vaksin SARS-COV2 yang inaktif, mRNA, dan viral vector lebih rendah pada pasien AIIRD dibanding pada populasi umum. Sedangkan untuk tingkat keamanan vaksin tersebut sama saja.

Perbedaan imunogenesitas ini karena penggunaan obat imunosupressif pada pasien AIIRD. Mengingat, pasien AIIRD memiliki risiko yang lebih tinggi terkena infeksi Covid-19 dan lebih berat hal ini membuat vaksinasi Covid-19 menjadi bagian penting dari perawatan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: