alexametrics

7 Cara Mudah Batasi Hidangan Manis Agar Bisa Kendalikan Gula Darah

15 Desember 2019, 10:49:59 WIB

JawaPos.com – Tergoda mencicipi makanan dan minuman manis bisa membuat orang kecanduan gula. Ujungnya, jika mengonsumsi hidangan manis melewati batas tentu dapat merugikan kesehatan.

Asupan gula yang terlalu banyak bisa sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang berujung diabetes dan masalah jantung, serta obesitas hingga kerusakan gigi. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk memperhatikan asupan gula dan menjaga pola makan sehat. Tak bisa mengendalikan diri akan berbahaya dalam jangka panjang. Dilansir dari Pink Villa, Minggu (15/12), ada beberapa cara untuk bisa menahan hasrat membatasi hidangan manis.

1. Ganti Soda dengan Jus

Sangat penting untuk berhenti minum minuman soda dan minuman berenergi karena merupakan sumber utama tambahan gula. Sebaiknya, ganti dengan minum jus segar tanpa pemanis buatan.

2. Ganti Makanan Penutup dengan Yogurt

Gantilah dessert yang penuh gula dengan yogurt atau buah segar. Sehingga kadar gulanya lebih rendah.

3. Ganti Saus

Ganti saus cokelat dan saus barbekyu atau saus tomat yang tinggi sodium dengan saus yang lebih sehat. Misalnya saus mustard atau cuka.

4. Perhatikan Porsi

Juga penting untuk fokus pada kontrol porsi. Mengontrol seberapa banyak yang yang dikonsumsi baik untuk diet dan kesehatan.

5. Tahan Jika Sudah Kenyang

Ketika sudah merasa kenyang setelah menyantap protein sehat dan makanan kaya serat, pastikan jangan menambah apa-apa lagi. Hindari tambahan makan terlalu banyak karena perut sudah penuh.

6. Ganti Snack Gula

Konsumsi snack dengan buah atau snack kesehatan seperti granola lebih baik daripada permen atau kue dan coklat.

7. Ganti Gula dengan Pemanis Alami

Cobalah untuk mengganti semua pemanis buatan dengan yang alami seperti madu, kurma, dan kayu manis. Atau bisa dengan mengganti gula dengan gula merah.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads