alexametrics

Dokter Sebut Covid-19 Penyakit ‘Penipu Ulung’, Ini Penjelasannya

15 September 2020, 03:24:04 WIB

JawaPos.com – Sampai saat ini etiap orang memiliki gejala yang berbeda saat terinfeksi Covid-19. Ada yang bergejala ringan, sedang, hingga berat atau tanpa gejala. Gejala paling khas sejak awal ditemukan di Tiongkok adalah demam, sesak, dan batuk. Belakangan, virus Korona menunjukkan gejala tambahan seperti kehilangan indera penciuman dan perasa hingga diare.

Karena itulah Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Ahli Endoskopi Gastrointenstinal Prof. Dr.dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menyebut penyakit ini dengan julukan ‘Penipu Ulung’. Sebab pasien yang datang memiliki gejala yang berbeda. Apalagi ketika mereka memiliki komorbid seperti jantung dan diabetes. Gejalanya juga bisa berbeda.

“Covid-19 sebagai penyakit Great Imitator. Yaitu penyakit ‘penipu ulung’,” tegasnya secara daring dalam wawancara Live Instagram pada akun resminya baru-baru ini.

Mengapa demikian? Sebab pasien bisa datang dalam keadaan nyeri dada hebat yang semula dikira jantung. Atau pasien bisa didiagnosis awalnya menyerupai penyakit tipes atau diare.

“Bisa saja datang dengan nyeri dada hebat atau dengan diare dan nyeri perut,” ungkapnya.

Dia mencontohkan sejumlah kasus terjadi ketika pasien Covid-19 datang dengan nyeri hebat di bagian dada. Ketika datang ke dokter spesialis jantung, ternyata semua rekam jantung atau hasil EKG cukup normal.

“Ternyata setelah dicek, pasien mengalami myocarditis. Lalu setelah diswab ternyata akibat Covid-19,” katanya.

Kemudian bisa saja pasien tipes mengalami infeksi Covid-19. “Pasien-pasien itu kan bisa saja datang dengan infeksi, demam. Apakah ada tipesnya, atau DBD, atau Covid-19 atau sebaliknya. Atau bisa dua-duanya,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads