Bahaya Tipes Akibat Bakteri Salmonella yang Viral di dalam Kinder Joy

15 April 2022, 04:29:52 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memutuskan untuk menarik cokelat telur dari Belgia yakni cokelat Kinder. Penarikan menyusul keputusan dari BPOM di berbagai negara yang juga menarik cokelat telur Kinder Surprises karena mengandung bakteri Salmonella atau Salmonella Typhosa penyebab penyakit tipes. Di Indonesia, cokelat telur Kinder Joy juga ikut ditarik untuk mengecek cemaran bakteri tersebut. Lalu seberapa bahaya jika seseorang terkena penyakit tipes?

Ahli Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam mengatakan, tipes adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri, atau disebut sebagai infeksi. Kondisi ini menyerang infeksi usus halus manusia yang disebabkan oleh kuman Salmonella Typhosa yang disebut mencemari cokelat telur tersebut.

“Penyakit infeksi usus yang disebabkan oleh kuman Salmonella atau orang bilang tipes, itu adalah penyakit yang berhubungan dengan makanan ya. Karena memang kuman ini ditemukan pada makanan, makanan tercemar. Lalu jika daya tahan tubuh orang itu tak bagus, maka dia bisa terinfeksi oleh kuman Salmonella,” kata Prof Ari kepada JawaPos.com, Kamis (14/4).

Menurut Prof Ari, pasien dengan infeksi ini memang tak boleh menganggap remeh. Jika dibiarkan, maka daya tahannya akan drop. Risiko infeksi bisa fatal.

“Bisa saja infeksi ini masuk ke dalam darah kita atau dikenal dengan sepsis. Racun bisa masuk ke otak, bisa sampai fatal atau bahkan bisa berujung kematian,” kata Prof Ari.

Akan tetapi, kata dia, masyarakat perkotaan umumnya sudah sadar diri jika merasa dirinya demam dan tak enak badan seperti mual muntah yang menjadi gejala awal penyakit tipes ini. Maka jika sudah merasa demikian, seseorang umumnya langsung pergi ke dokter sehingga tak sampai dalam kondisi parah.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads