alexametrics

5 Dampak yang Dialami Akibat Perlakuan Buruk di Masa Lalu

15 Maret 2019, 13:20:40 WIB

JawaPos.com – Masa lalu memang tidak selamanya menyenangkan. Ada orang yang mengalami trauma karena pernah mengalami tekanan termasuk dalam hubungan cinta.

Hal ini bisa memberi dampak buruk pada kondisi psikologisnya sendiri. Perlakuan tak menyenangkan yang dimaksud bisa, seperti penghinaan, manipulasi, agresi verbal, meremehkan, dan intimidasi.

Tindakan itu bisa membuat tertekan dan mempengaruhi sikap di kehidupan sekarang. Berikut ini 5 dampak akibat mengalami perlakuan yang buruk dan tidak menyenangkan, sebagaimana dilansir dari Bustle, Jumat (15/3).

1. Tidak Pandai Membuat Keputusan

Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dan sering mengandalkan orang lain untuk membuat keputusan, itu mungkin merupakan tanda kecil bahwa Anda pernah dilecehkan atau mengalami tekanan emosional. Ini sering terjadi pada orang-orang yang dulu sangat fokus pada kebutuhan orang lain, yang sering terjadi dalam hubungan yang kasar secara emosional.

Seiring waktu, Anda kehilangan kontak dengan diri sendiri. Sebab, Anda menjadi lebih bergantung dan fokus pada mereka.

2. Mudah Marah

Anda selalu melakukan hal yang membuat orang menyenangkan. Tapi seringkali Anda justru mendapat reaksi yang tidak diharapkan.

Sebagai dampaknya Anda menjadi benci yang muncul dalam bentuk kemarahan. Karena Anda belum bisa meredam emosi dengan baik, dampaknya Anda juga akan mudah marah pada situasi kecil.

3. Defensif

Pernahkah Anda mengalami sikap yang defensif atau penolakan dengan mudah setiap kali seseorang memberi kritik yang membangun? Orang yang pernah mendapat tekanan cenderung sulit menerima nasihat karena diperlakukan tidak adil di masa lalu.

4. Stres Hadapi Pertengkaran

Anda sering merasa tegang ketika ada pertengkaran yang muncul. Padahal hanya sekedar berdebat dan tidak ada keributan.

Penyalahgunaan emosional membuat seseorang rentan saat mendengar perubahan nada suara. Ini membuat seseorang mudah kaget.

5. Mempertanyakan Cinta

Pindah ke hubungan yang lebih sehat tentu membuat Anda merasa lebih baik dan banyak belajar. Tapi, biasanya ada kekurangan yang masih dirasakan ketika menjalani hubungan yang baru, yaitu masih mempertanyakan cinta dia.

“Ini menunjukkan Anda merasa tidak enak dicintai, yang bisa berasal dari hubungan yang kasar, atau dari masa kanak-kanak yang kejam,” kata psikoterapis, Tina B. Tessina, LMFT, PhD.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Inriyani Sembiring



Close Ads
5 Dampak yang Dialami  Akibat Perlakuan Buruk di Masa Lalu