alexametrics

Khasiat Bunga Turi untuk Kesehatan Sel, Liver, dan Imunitas

Oleh: Prof Dr Apt Mangestuti Agil MS
15 Januari 2022, 17:48:23 WIB

Bunga turi yang biasa direbus sebagai sayur untuk pelengkap pecel atau urap-urap ternyata memiliki banyak khasiat. Ia bersifat mendinginkan, mempunyai rasa yang tajam, dan dapat digunakan untuk membantu menurunkan demam tubuh. Sejumlah penelitian membuktikan hal itu.

BERNAMA ilmiah Sesbania grandiflora dari suku Fabaceae, pohon turi diduga kuat berasal dari kawasan India dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Memang tidak mudah menemukan pohon turi di perkotaan karena belum ada anjuran budi daya. Biasanya, pohon yang di India dikenal dengan nama agasti itu tumbuh di tepi jalan, di area persawahan sebagai tanaman lindung, dan terkadang di halaman rumah di pedesaan. Tapi, tentu mudah menemukannya di pasar atau tukang sayur.

Bentuk bunga turi memang unik, yaitu seperti sabit. Ada yang berwarna putih dan merah. Yang putih lebih pahit dan terasa kelat. Biasanya, orang membuang bagian tangkai dan benang sari bunga untuk mengurangi rasa pahit. Justru saat mahkota bunganya mekar, zat kandungan di dalamnya cenderung mulai menurun. Merebus jadi cara yang lazim untuk memasak hingga tekstur bunga menjadi lebih lembek.

Bunga turi secara tradisional dipercaya berkhasiat sebagai penurun panas, pelindung fungsi liver, dan pendongkrak imunitas. Khasiat itu tentu berkaitan erat dengan kekayaan zat bioaktif kandungannya. Misalnya, grandifloral, arginin, sistein, histidin, isoleusin, fenilalanin, triptofan, treonin, alanin, aspargin, asam aspartat, beberapa saponin, dan glikosida.

Kekayaan zat bernutrisi tinggi pada turi perlu dipertimbangkan untuk mencegah kekurangan asupan, termasuk vitamin dan mineral. Kandungan vitamin B, antara lain, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat. Mineral yang terdeteksi adalah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan selenium. Keberadaan asam folat penting bagi proses pertumbuhan sel dan jaringan tubuh. Selenium penting sekali bagi kesehatan kerja sel otak. Kadar zat bergizi di dalam bunga turi tidak tinggi. Untuk menikmati manfaatnya, kita hanya perlu mengonsumsinya dalam jumlah cukup secara teratur.

Hepatoprotektif

Hepatoprotektif artinya pelindung fungsi liver. Liver adalah salah satu organ tubuh kita yang berpotensi terkena paparan zat beracun. Sebab, memang fungsinya erat berhubungan dengan seleksi keamanan zat yang boleh masuk ke dalam peredaran darah manusia. Bunga turi diduga berkhasiat sebagai pelindung fungsi liver. Ada yang mengaitkannya dengan aktivitas antioksidan bunga.

Uji tersebut dilakukan oleh peneliti Indonesia, selain peneliti India dan Malaysia. Percobaan dilakukan pada tikus yang mengalami hepatotoksisitas (toksisitas pada liver) yang diobati dengan ekstrak air dan etanol dengan dosis terpilih selama beberapa hari.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads