alexametrics

Tersiksa Nyeri Wajah Sebelah, Ini Penyebab dan Cara Pengobatannya

14 Oktober 2021, 11:55:33 WIB

JawaPos.com – Pernahkah merasa nyeri wajah hanya sisi sebelah, baik kanan atau kiri? Hati-hati, itu bisa menjadi gejala penyakit trigeminal neuralgia. Rasa sakitnya sulit digambarkan. Ada yang mengatakan seperti tertusuk jarum, panas terbakar, kesetrum, tersayat-sayat, dan berbagai rasa nyeri menyiksa lainnya.

Serangan nyerinya sungguh tidak tertahankan hingga penderitanya kadang berteriak, berguling-guling kesakitan, menangis dan sampai tak mampu melakukan apa-apa. Nyeri wajah sebelah trigeminal neuralgia ini memiliki banyak julukan. Salah satunya suicide disease, karena tak jarang akan muncul keinginan bunuh diri akibat nyeri yang tak tertahankan.

Dokter Spesialis Bedah Saraf dari Klinik Utama DR Indrajana, dr. Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS dalam ‘International Trigeminal Neuralgia Awareness Day’ menjelaskan neuralgia sendiri artinya adalah gangguan rasa sakit yang muncul akibat adanya masalah atau kerusakan sinyal saraf di sistem persarafan. Neuralgia ini bisa terjadi di semua bagian tubuh dan dapat menyebabkan nyeri ringan hingga berat sehingga dapat berdampak terhadap kualitas hidup penderitanya.

Sedangkan trigeminal merupakan saraf kranial kelima. Saraf ini seperti namanya memiliki 3 cabang. Ketiga cabang itu ada yang terkait area mata sekitarnya, yakni oftalmikus. Kemudian, ada yang mempersarafi pipi, bibir atas, hidung, rongga mulut merupakan cabang maksilaris. Cabang yang ketiga yakni mandibularis yang terkait otot pengunyah.

“Karakter nyerinya biasanya hanya terjadi pada satu sisi wajah saja, sehingga dikenal dengan istilah nyeri wajah sebelah. Nyeri terjadi pada area yang dipersarafi oleh cabang saraf ini, bisa terasa pada satu cabang daerah persarafan atau lebih,” kata dr. Mustaqim secara daring baru-baru ini.

Kapan Nyeri Muncul?

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads