alexametrics

Cegah Covid-19 di Toilet, Dorong Penggunaan Teknologi Sentuh

14 September 2020, 21:01:30 WIB

JawaPos.com – Masa pandemi Covid-19 membuat semua peralatan kebersihan dan sanitasi harus higienis. Terlebih fasilitas tersebut digunakan secara bersama seperti di perkantoran.

Virus Korona dapat disebarkan melalui penularan fecal-oral. Berdasar itu sangat penting mencuci tangan setelah dari kamar mandi. Penyakit ini juga dapat menyebar melalui apa yang dikenal sebagai ‘feses aerosol’. Maka penting untuk menutup tutup toilet duduk saat disiram (flush).

“Tinja atau urine toilet dapat keluar dari toilet ke udara dan menyebarkan penyakit,” menurut Asosiasi Profesional dalam Pengendalian Infeksi dan Epidemiologi Chenyan Chen, Purdue James. G. Dwyer seperti disebut oleh laman Forbes.

Profesor Teknik Mesin di Universitas Purdue itu mengatakan kepada Forbes ada satu cara yang sangat mudah untuk membantu mencegah penyebaran virus Korona. Tutup tutupnya dan kemudian siram.

“80 persen partikel yang lolos dari kotoran dapat masuk ke udara. Dicegah dengan menutup tutupnya saat dibilas,” kata Chen kepada Forbes.

Meniru budaya Jepang yang serba canggih dan higienis, kini dunia perkantoran sudah mulai menerapkan teknologi sentuh dalam sanitasi. Peralatan toilet yang dipakai bersama penting untuk diterapkan pasalnya virus Korona bisa muncul atau bertahan pada benda-benda yang dipakai bersama.

Teknologi dan toilet yang higienis adalah yang utama. Pentingnya air bersih tentu bisa menjamin kesehatan masyarakat.

“Peran air bersih pada kehidupan sehari-hari bisa meniru budaya Jepang. Misalnya dengan konsep light from water reflecting the city. Lalu ditambah dengan konsep light from a quiet pond,” tambah desainer Field Four Design Office Yuta Shimada dalam Webinar baru-baru ini.

Dalam acara yang sama, President Director PT Surya Toto Indonesia Hanafi Atmadiredja, mengatakan di tengah situasi kebersihan dan kesehatan merupakan hal yang utama, penting untuk meningkatkan kesadaran dan kualitas sanitasi di Indonesia. Misalnya dengan teknologi sentuh dan ramah lingkungan yang mengedepankan kehigienisan.
Adanya peningkatan standar dan anjuran untuk secara rutin menjaga kebersihan, serta mendorong peningkatan penggunaan air bersih, bisa dilengkapi dengan teknologi eco-friendly yang memungkinkan efisiensi daya dan air mulai dari keran, shower, bidet, urinal, kloset, wastafel, hingga hand dryer. Misalnya fitur teknologi aerated bubble, meski air yang keluar terasa deras namun air yang digunakan dalam jumlah yang minimal.

“Teknologi higienitas untuk sanitasi bukan barang mewah lagi. Saat ini, di mana kebersihan dan kesehatan merupakan prioritas, kami berharap dapat berkontribusi lebih banyak lagi terhadap masyarakat dan tentunya kami ingin kembali mengajak semuanya untuk tetap menjaga keamanan dan kesehatan di tengah situasi ini,” ungkap Hanafi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads