alexametrics

Raih 5 Manfaat Rutin Minum Secangkir Kopi di Pagi Hari

13 November 2019, 08:42:48 WIB

JawaPos.com – Tak lengkap rasanya memulai hari tanpa secangkir kopi. Itu sebabnya penikmat kopi gemar menyeruput minuman ini saat pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Kopi bisa meningkatkan rasa tidak mood, malas, dan merangsang proses berpikir kreatif. Secangkir kopi sendiri mengandung antioksidan. Tak heran jika kopi dikatakan memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Republic World, Rabu (13/11), setidaknya ada 5 manfaat kesehatan dari minum secangkir kopi setiap hari.

1. Sehatkan Kognitif

Minum secangkir kopi melindungi seseorang dari penyakit seperti Alzheimer dan berbagai jenis demensia. Sebuah laporan penelitian mengungkapkan bahwa minum 3 hingga 5 gelas kopi setiap hari telah menyebabkan penurunan 65 persen risiko Alzheimer dan demensia di kemudian hari.

2. Sehat Untuk Jantung

Sebuah studi penelitian mengungkapkan bahwa peminum kopi memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Beberapa penelitian lain juga mengungkapkan bahwa konsumsi kafein juga memiliki efek positif pada kesehatan jantung dan fungsi jantung secara keseluruhan.

3. Tingkatkan Hidrasi

Sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan di portal online mengungkapkan secangkir kopi meningkatkan kadar air dalam tubuh seseorang. Tubuh yang terhidrasi dapat efektif selama olahraga. Selain itu, kopi membantu mengatasi kelelahan.

4. Melindungi dari diabetes

Beberapa studi penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa kopi dapat melindungi tubuh dari bahaya diabetes tipe 2. Sebuah studi penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat, menunjukkan risiko diabetes tipe 2 berkurang 9 persen. Laporan penelitian yang dipublikasikan di berbagai situs medis mengungkapkan bahwa kopi tanpa kafein menurunkan risiko sebesar 6 persen.

5. Sehatkan Liver

Secangkir kopi dapat melindungi hati. Studi penelitian lain menunjukkan bahwa kopi menurunkan kadar enzim hati.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads