alexametrics

Ketahui Manfaat Rebusan Daun Pandan untuk Kesehatan

13 November 2019, 10:00:45 WIB

JawaPos.com – Daun pandan memang dikenal sebagai penambah aroma dan pewarna pada masakan. Tapi, tak banyak yang tahu kalau daun pandan juga bermanfaat bagi kesehatan.

Seperti JawaPos.com lansir dari Indian Express, Rabu (13/11), daun pandan disebut sebagai ‘matcha baru’ dunia kuliner di Eropa oleh penulis makanan Inggris Nigella Lawson pada tahun 2017. Bahkan, daun dengan rentang 60-80 cm juga digunakan sebagai pembungkus makanan di negara-negara seperti Thailand, Jepang dan Malaysia.

Di dunia kuliner sendiri, biasanya dimasukan ke dalam masakan agar lebih wangi. Bahkan, saat memasak nasi atau kolak, daun pandan diikat menjadi simpul dan dimasukkan ke dalam wadah untuk membuat aroma yang harum. Selain sajian gurih, daun pandan juga digunakan untuk membuat makanan penutup dan minuman.

Lantas, apa saja manfaatnya untuk kesehatan?

Seperti yang sudah disebutkan, daun pandan bisa dijadikan minuman. Yup, air daun pandan adalah salah satu pelepas dahaga yang paling menyegarkan.

Caranya, ambil seikat daun segar, rebus dalam air selama beberapa menit dan saring. Manfaat dari minum air pandan adalah bisa meredakan nyeri untuk mengobati sakit kepala, sakit telinga, nyeri dada, dan radang sendi. Untuk menggunakan daun pandan sebagai pereda nyeri, Anda bisa minum rebusan daun pandan dua kali sehari.

Tetapi jika dikonsumsi secara teratur, daun pandan juga bisa mengurangi kejang perut yang bisa berhubungan dengan peradangan dan infeksi. Juga bisa membantu ibu dalam pemulihan setelah melahirkan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads