alexametrics

PTM Terbatas Dimulai, 5 Hal Ini Wajib Disiapkan Sekolah

13 Oktober 2021, 12:04:03 WIB

JawaPos.com – Masyarakat terus diingatkan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya penerapan protokol kesehatan dan higienitas. Tujuannya untuk melindungi diri dan lingkungan dari bahaya penyebaran Covid-19. Anak-anak juga saat ini mulai memasuki masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Dalam webinar Indonesia Hygiene Forum Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Unilever Indonesia, Reski Damayanti mengatakan sejak awal pandemi, produk yang dekat keseharian masyarakat seperti produk kebersihan dan higienitas paling utama dicari oleh masyarakat. Maka penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat serta penerapan protokol kesehatan.

“Terus edukasi mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan sebagai kunci keamanan pelaksanaan PTM terbatas,” katanya secara daring baru-baru ini.

Terkait kualitas produk, Plt Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Arianti Anaya menjelaskan untuk menjamin keamanan, mutu, dan manfaat alat kesehatan serta Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yang beredar di sekolah-sekolah selama PTM terbatas, pihaknya terus melakukan pengawasan yang ketat, pra dan pasca peredaran. Kerja sama sinergis antara pemerintah, industri, penyalur, pemberi layanan kesehatan dan masyarakat harus dilakukan.

“Tujuannya untuk melaksanakan pengawasan, pembinaan, hingga pengendalian sehingga semua sekolah dapat menjadi tempat belajar yang aman, nyaman dan terlindungi,” kata Arianti.

Sementara dari sisi kesiapan pihak sekolah Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek RI Sri Wahyuningsih menegaskan setiap sekolah harus menyiapkan Satgas Covid-19 dan melakukan optimalisasi UKS. Prosedur-prosedur lain pun harus diterapkan, utamanya dalam hal penerapan PHBS. Sesuai SKB Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, ada serangkaian hal penting yang harus dilakukan oleh semua warga satuan pendidikan selama PTM terbatas.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM, Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads