alexametrics

Tiba-Tiba Lemas dan Sulit Bicara Saat Aktivitas, Waspadai Kena Stroke

13 September 2021, 16:09:28 WIB

JawaPos.com – Stroke bisa terjadi kapan saja. Meski tak menunjukkan gejala sebelumnya, namun jika tiba-tiba tubuh terasa lemas lalu sulit bicara maka bisa jadi Anda terkena stroke. Padahal masih usia muda.

Stroke dapat menyebabkan seseorang mengalami kecacatan sebagian bahkan seluruh tubuh hingga kematian. Tindakan cepat dan sedini mungkin harus dilakukan untuk mencegah kecacatan terjadi, salah satunya dengan metode FAST (Face, Arm, Speech, Time).

Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional (PON) dr. Mursyid Bustami, Sp. S(K) mengatakan stroke itu terjadi secara mendadak. Tidak ada stroke yang pelan-pelan.

“Jadi orang lagi beraktivitas juga tiba-tiba tangannya lemah sebelah, tiba-tiba ngomongnya tidak benar, wajahnya kok turun sebelah gitu,” katanya dalam konferensi pers Gedbyar Edukasi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional secara virtual, dalam keterangan Kemenkes baru-baru ini.

Tindakan cepat harus segera dilakukan dengan membawa penderita ke rumah sakit. Untuk mengenali gejala awal masyarakat dapat menggunakan metode FAST (Face, Arm, Speech, Time).

Face merupakan gejala yang dilihat dari wajah seseorang yang tampak tidak normal seperti turun sebelah dan tidak simetris. Arm merupakan gejala stroke yang dilihat dari lengan penderita menjadi lemah. Jika lengan itu diangkat maka tingginya tidak sama dengan lengan satunya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads