JawaPos Radar

Ternyata, Garam Miliki Khasiat Untuk Kebersihan Gigi dan Pencernaan

13/08/2018, 11:39 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
manfaat garam,
Ilustrasi garam ternyata memiliki manfaat kesehatan untuk gigi. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Tak dipungkiri garam merupakan bumbu dapur yang selalu ada dalam setiap masakan. Selain memberikan rasa, garam juga dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. 

Dilansir dari Health Site, Senin (12/8), garam pada dasarnya memiliki warna yang putih dan tembus cahaya. Namun kandungan mineral di dalam garam memberikan warna yang berbeda seperti merah muda, putih, coklat, hitam, dan abu-abu. Secara alami, garam terdiri dari natrium dan klorin yang ditemukan di air laut.

Kandungan mineral tinggi pada garam juga mempunyai beragam khasiat untuk tubuh. Apa sajakah itu?

manfaat garam,
Selain untuk penyedap rasa, garam miliki manfaat untuk kesehatan. (Istimewa)

1. Kesehatan Gigi

Garam berkhasiat untuk gigi. Garam sering digunakan sebagai bahan utama dalam pasta gigi. Bahkan Anda dapat membuat pasta gigi buatan sendiri dengan mencampur soda kue dan garam laut yang dihaluskan. Sikat gigi Anda dengan campuran ini setiap hari untuk menjaga kesehatan gigi yang benar.

2. Baik untuk Jantung

Ketika garam laut tercampur dengan air, itu bisa mengurangi tekanan darah tinggi, kadar kolesterol, dan mengatur detak jantung yang tidak teratur. Dengan cara ini, maka garam dapat memberikan perlindungan terhadap serangan jantung, penyakit, dan stroke.

3. Melancarkan Pencernaan

Garam laut juga bisa menstimulasi kelenjar saliva dan membantu tubuh untuk membuat cairan pencernaan. Sehingga berkhasiat Melalui saluran usus, garam memfasilitasi penyerapan partikel makanan. Sehingga makanan akan mudah tecerna di didalam tubuh.

4. Membantu Turunkan Berat Badan

Karena garam laut mendorong pencernaan cepat. Sehingga mencegah penumpukan di saluran pencernaan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan sembelit. Dengan demikian, garam laut benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan dengan mencegah retensi air. 

5. Mengurangi Masalah Pernapasan

Garam efektif dalam mengurangi peradangan di sistem pernapasan. Ini menurunkan produksi dahak yang memungkinkan Anda untuk bernapas dengan mudah. Caranya ambil setengah sendok teh garam dalam segelas air. Perlahan pasti bisa membantu membersihkan sumbatan bronkus dan sinus.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up