alexametrics

5 Tips Bebas Covid-19 Saat Terima Paket Atau Bingkisan Online

13 Juli 2020, 09:44:33 WIB

JawaPos.com – Masa pandemi Covid-19 membuat semua orang lebih banyak di rumah. Layanan pesan antar atau daring pasti menjadi andalan. Tapi, tetap hati-hati saat menerima paket online dari kurir.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan sejak awal virus Korona bisa menempel di benda-benda lewat percikan atau droplet dari orang yang terinfeksi. Jika disentuh oleh siapapun lalu memegang wajah, mata, hidung dan mulut tanpa mencuci tangan, bisa saja tertular.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dokter Reisa Broto Asmoro memberikan tips bagi masyarakat saat menerima paket online lewat jasa kurir. Dia menekankan agar setiap rumah tangga memastikan agar pakrmet yang diterima ke tangan anggota keluarga sudah higienis dan steril.

“Sejak PSBB, kita akrab dengan aplikasi online. Saat terima paket, pastikan terjaga kebersihannya,” jelasnya.

 

1. Tempat Khusus Paket

Siapkan tempat khusus paket di depan rumah supaya paket bisa ditempatkan kurir tanpa bertemu dengan pemilik rumah. Buang segera bungkus dan kemasan yang tidak perlu. Lanjutkan dengan cuci tangan.

 

2. Ambil Desinfektan

Bersihkan wadah atau kemasan dengan desinfektan pada bagian luar

 

3. Hati-hati Bersihkan Makanan

Jangan bersihkan makanan dengan cairan kimia berbahaya. Cukup cuci dengan air mengalir. Boleh menggunakan sabun khusus sayur dan buah atau food grade.

 

4. Hangatkan Kembali Makanan

Jika paket yang diterima adalah makanan, maka panaskan ulang suhu minimal 65 derajat selama 3 menit.

 

5. Cuci Tangan

Sebelum menyantap makanan, cucilah tangan. Pastikan rumah tetap aman dari risiko penyakit.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads