alexametrics

Dokter Sebut Gangguan Prostat Tak Berkorelasi dengan Kemandulan

13 Juni 2021, 22:26:38 WIB

JawaPos.com–Gangguan pembesaran prostat atau benign prostate hyperplasia (BPH) pada pria tidak berkorelasi langsung dengan kemandulan. Selama sperma masih bagus dan ada hasrat untuk berhubungan seksual/intim dengan pasangan, peluang mendapat keturunan tetap ada.

Dokter Spesialis Urologi RSUD dokter Iskak, Ryan Akhmad Adhi Saputra mengatakan, jika kondisi prostat terus memburuk, gangguan pada area organ yang menyelubungi saluran kemih akan mempengaruhi kualitas kehidupan seksual penderita. ”Selama cairan sperma masih bagus dan minat berhubungan intim masih ada, dipastikan akan tetap bisa membuahi. Terkecuali penderita prostat dalam kondisi tertentu,” kata Ryan seperti dilansir dari Antara, Minggu (13/6).

Dia menjelaskan, gangguan prostat memang terjadi di area saluran kemih yang juga menjadi saluran reproduksi pria. Namun bukan berarti BPH atau pembesaran prostat bakal memicu kemandulan.

”Gangguan prostat dan kemandulan pria adalah masalah kesehatan yang berbeda,” terang Ryan.

Namun, Ryan tidak menampik fakta bahwa prostat pria yang mengalami pembesaran secara perlahan akan mempengaruhi kualitas seksualitas. Gairah seks menurun sebagai akibat terjadinya masalah di saluran kencing.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads