alexametrics

Ketahui Penyebab Tubuh Anak Berwarna Kuning Saat Terkena Hepatitis

13 Mei 2022, 10:52:35 WIB

JawaPos.com – Hepatitis adalah suatu penyakit peradangan atau inflamasi pada hati. Penyebabnya bisa berbagai faktor dari mulai virus, patogen, hingga parasit tertentu. Hal serupa juga terjadi pada hepatitis misterius yang belum diketahui penyebabnya. Jika gejala berlanjut, anak bakal terkena jaundice atau warna kekuningan pada kulitnya hingga area mata.

Seorang dokter anak dengan Layanan Kesehatan AltaMed, Ilhan Shapiro, MD, mengatakan kepada Healthline bahwa penting bagi orang tua untuk menghubungi dokter anak mereka jika mereka khawatir anak mereka memiliki tanda-tanda hepatitis. Awalnya ditandai dengan mual, muntah, diare, hingga demam.

“Belakangan ini kita melihat anak-anak yang akhirnya membutuhkan transplantasi hati dalam waktu yang sangat singkat, itu mengkhawatirkan,” kata Shapiro seperti dilansir dari Healthline, Jumat (13/5).

Apa itu jaundice?

Menurutnya, hepatitis mengacu pada hati yang meradang dan paling sering disebabkan oleh obat-obatan, virus, atau paparan bahan kimia tertentu. Setelah hati terpapar dan meradang, maka hati akan kehilangan kemampuannya untuk membersihkan zat tertentu dari darah, termasuk produk darah yang disebut bilirubin.

Tanpa bilirubin, seorang anak dapat terkena jaundice yang menghasilkan warna kekuningan pada kulit dan mata mereka. Ketika hati berhenti bekerja, tubuh mulai mengumpulkan semua bahan kimia ini yang biasanya kita buang.

“Anak itu akan mulai memiliki warna kuning di kulit dan bagian putih matanya. Itu salah satu hal paling umum,” katanya.

“Gejala lain termasuk urin gelap dan tinja menjadi putih,” katanya.

Saran Untuk Orang Tua

Shapiro mengatakan orang tua yang mencurigai anaknya menderita hepatitis harus segera pergi ke layanan kesehatan. Orang tua juga harus menyediakan informasi seputar daftar vaksin yang sudah dilakukan oleh anak.

Dia mencontohkan ada vaksin yang melindungi dari virus hepatitis A dan virus hepatitis B. Orang tua harus memberi tahu dokter mereka jika anak mereka telah divaksinasi terhadap salah satu dari virus tersebut.

Sementara apa yang menyebabkan kasus-kasus hepatitis akut saat ini masih menjadi misteri para ahli mencoba mencari penyebab pasti. Shapiro juga menjelaskan bahwa hati memiliki kemampuan luar biasa untuk pulih dari cedera. Sel hati akan meregenarasi dengan kemampuannya sendiri. Maka dari itu jangan sampai terlambat membawa anak ke dokter.

“Jika ditangani, maka bisa membantu hati lebih pulih secara berangsur,” tutupnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads