alexametrics

Penting! Simak 10 Fakta yang Wajib Diketahui Seputar Pil KB

13 Februari 2018, 13:10:48 WIB

JawaPos.com – Pria dan wanita sangat berbeda satu sama lain. Kehamilan tentunya menjadi perhatian besar dalam kehidupan seorang wanita. Namun, ada juga pasangan yang berencana menunda kehamilan atau menjaga jarak kehamilan antara anak yang satu dan lainnya.

Terlalu tabu membahas soal seks, sehingga membuat wanita tak mengetahui secara pasti mengenai metode kontrasepsi yang aman. Banyak dari mereka mengonsumsi pil kontrasepsi tetapi masih keliru dalam pemahaman dan cara pakainya.

Pil kontrasepsi atau pil KB adalah obat bagi wanita yang aktif secara seksual untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. Pil kontrasepsi bekerja dengan menekan proses ovulasi tubuh dengan jumlah estrogen atau progestin. Sehingga, menghentikan telur untuk berpindha dari ovarium yang mencegah proses pembuahan.

Penting! Simak 10 Fakta yang Wajib Diketahui Seputar Pil KB
Ilustrasi pil KB. (Boldsky)

Karena obat-obat ini bekerja dengan hormon tubuh, maka sangat berbahaya jika diminum tanpa saran dokter. Dilansir dari Boldsky, Selasa (13/2), ada sepuluh fakta penting yang wajib diketahui seputar pil kontrasepsi.

Ada Berbagai Jenis Pil Kontrasepsi

Merek pil kontrasepsi tertentu yang direkomendasikan oleh teman bisa saja memberi efek samping yang mengerikan. Pil kontrasepsi yang paling umum mengandung estrogen dan banyak sekali wanita bereaksi sangat buruk terhadapnya. Oleh karena itu, selalu lebih baik mengunjungi dokter yang akan memberi resep pil yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

99 Persen Efektif Jika Diminum Sesuai Resep Dokter

Pil kontrasepsi memang super efektif. Tapi tentu harus mengikuti resep dokter dan disiplin. Pil ini perlu diminum secara teratur, setiap hari itu juga pada waktu yang sama setiap hari. Jangan sampai lewat jadwal atau lupa.

Tak Mencegah dari Penyakit Menular Seksual

Inilah kelemahan pil ini. Meskipun mereka mencegah kemungkinan kehamilan, namun tidak melindungi penyakit menular seksual dan AIDS.

Mengatur Siklus Menstruasi

Pil kontrasepsi adalah keuntungan bagi wanita dengan periode menstruasi yang sering terlambat, karena pil ini mengatur siklus bulanan untuk mereka.

Jadi Solusi Masalah Kesehatan

Pil kontrasepsi telah digunakan untuk mengobati banyak kondisi medis lainnya pada wanita seperti ovarium polikistik, endometriosis dan jerawat. Pil ini bahkan bisa mengobati kondisi tertentu yang berkaitan dengan kesuburan.

Memiliki Efek Samping

Fakta ini umumnya diketahui oleh semua wanita yang memutuskan untuk memakai pil kontrasepsi. Pil tersebut memberikan sejumlah dampak bagi sebagian orang meliputi bercak, mual, muntah, nyeri payudara dan bahkan migrain. Atau bahkan kegemukan.

Siklus Akan Kembali Normal

Usai tak mengonsumsi pil itu, tubuh akan membutuhkan beberapa saat untuk kembali ke siklus normalnya. Ini mungkin memakan waktu hitungan bulan.

Pengaruhi Obat Lain

Orang yang minum obat atau suplemen lain mungkin harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum pil kontrasepsi. Sebab, bisa jadi akan tumpang tindih efektivitasnya.

Pil Kontrasepsi Darurat Tidak Efektif

Jika lupa minum pil kontrasepsi reguler, maka pil kontrasepsi darurat harus segera dikonsumsi setelah melakukan hubungan seks tanpa kondom. Namun, perlu dicatat bahwa mereka tidak begitu efektif dan tidak dapat diandalkan.

Tak Menyebabkan Kanker Payudara

Banyak rumor bahwa pil kontrasepsi menyebabkan kanker payudara. Belum ada penelitian lebih lanjut terkait hal itu.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)



Close Ads
Penting! Simak 10 Fakta yang Wajib Diketahui Seputar Pil KB