alexametrics

Pasien Diabetes Bisa Kendalikan Gula Darah dengan Patuhi 3J

12 Desember 2019, 23:46:20 WIB

JawaPos.com – Diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi serius. Komplikasinya bisa menyebabkan penyakit jantung, gagal ginjal, hingga kematian. Kuncinya adalah mengatur jumlah dan jenis asupan makanan yang dikonsumsi agar gula darah tetap stabil.

Konsultan Metabolik Endokrin Dr. dr. Fatimah Eliana, Sp.PD, KEMD, FINASIM, menjelaskan, diabetes adalah silent killer dan induk dari segala penyakit degeneratif, seperti stroke, hipertensi, jantung koroner, dan disfungsi ereksi. Kenapa diabetes disebut silent killer? Karena banyak orang tak menyadari dirinya menyandang diabetes.

“Maka bagi penyandang diabetes, diagnosis dan manajemen yang tepat menjadi titik awal untuk bisa tetap hidup sehat. Mengontrol diabetes adalah sebuah komitmen harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Karena dengan melakukan kontrol yang teratur dan penanganan yang tepat, seseorang dapat terhindar dari risiko komplikasi akibat diabetes,” kata dr. Eliana.

Asupan Nutrisi Penyandang Diabetes

Ada beberapa cara untuk mengontrol diabetes agar penyandang diabetes dapat hidup lebih baik dan berkualitas. Di antaranya, pengaturan pola makan, olahraga, serta minum obat yang diperlukan sesuai petunjuk dokter.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, Sp.GK (K), menyarankan, bijaksana dalam memilih nutrisi diabetes yang tepat adalah langkah awal dan penting untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil. Selain itu, mengonsumsi menu makanan yang sehat dapat membantu penyandang diabetes dalam mengelola berat badan dan mengendalikan/mencegah faktor risiko komplikasi, seperti
penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Ahli gizi tentunya dapat membantu menyusun dan membuat pola makan yang tepat berdasarkan tujuan, selera dan gaya hidup penyandang diabetes, termasuk berapa porsi yang sesuai kebutuhan dan berdasarkan tingkat aktivitasnya. Pada prinsipnya, pola makan untuk penyandang diabetes tidak berbeda dengan orang pada umumnya.

“Bukan berarti pola makan ketat yang mengurangi porsi makan. Diet untuk penyandang diabetes adalah tetap melakukan pola makan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin, dan mineral,” papar dr. Fiastuti.

Adapun pola makan yang tepat untuk penyandang diabetes terdiri dari tiga prinsip atau 3 J, yaitu tepat jadwal, jumlah, jenis.

1. Jadwal

Tepat jadwal yaitu penyandang diabetes dianjurkan untuk makan tiap 3 jam terdiri dari tiga kali makan utama (sarapan, makan siang, makan malam) dan dua sampai tiga kali makan selingan.

2. Jumlah

Tepat jumlah yaitu kebutuhan kalori harian disesuaikan dengan berat badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

3. Jenis

Tepat jenis yaitu memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat, dan rendah lemak.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads