alexametrics

WHO Anjurkan Penyintas Covid-19 Tetap Melakukan Vaksinasi

12 Oktober 2021, 22:15:41 WIB

JawaPos.com – World Health Organization (WHO) menganjurkan agar penyintas Covid-19 tetap melakukan vaksinasi. Hal ini penting dilakukan karena vaksin berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh.

Kepala Ilmuwan WHO, Dr. Soumya Swaminathan mengatakan, berdasarkan banyak penelitian jika pernah mengalami infeksi yang sangat ringan atau tanpa gejala, maka banyak orang mungkin memiliki tingkat antibodi yang sangat rendah yang mereka bentuk.

’’Jadi, inilah mengapa kami tetap menyarankan bahwa meskipun Anda telah terinfeksi Covid, Anda harus melanjutkan dan mengambil vaksinasi saat tersedia untuk Anda, karena vaksin kemudian berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh,” kata Soumya dalam keterangannya, Selasa (12/10).

Soumya menjelaskan, ada dua hal utama yang harus diperhatikan ketika seorang penyintas Covid-19 hendak melakukan vaksinasi. Pertama, waktu. Soumnya mengungkapkan setelah pulih dari Covid-19 disarankan menunggu beberapa minggu. Beberapa negara merekomendasikan agar orang menunggu selama tiga bulan atau enam bulan sampai setelah infeksi. ’’Ini karena Anda memiliki antibodi alami yang akan membuat Anda terlindungi setidaknya selama itu,” ungkap Soumya.

Hal lain lantaran di banyak negara ada kekurangan pasokan vaksin sehingga mereka meminta orang yang telah terinfeksi untuk menunggu selama tiga atau enam bulan. Akan tetapi dari sudut pandang ilmiah dan biologis, dapat mengambil vaksin segera setelah sepenuhnya pulih dari Covid-19.

Kedua, antibodi. Menurutnya perbedaan kondisi antibodi seseorang yang belum melakukan vaksin dan seseorang yang telah melakukan vaksin dosis lengkap Covid-19. Soumya memaparkan jenis kekebalan yang berkembang setelah infeksi alami bervariasi dari orang ke orang, dan sangat sulit untuk diprediksi.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads