alexametrics

Raih 7 Manfaat Sehat di Balik Pedasnya Bawang Merah

12 Agustus 2019, 11:05:15 WIB

JawaPos.com – Bawang merah umumnya menjadi bumbu wajib dalam setiap masakan. Umumnya bumbu dapur yang satu ini bisa membuat siapa saja menangis ketika mengirisnya. Akan tetapi di balik sifatnya itu, bawang merah punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Rasa khas bawang merah disukai masyarakat. Seperti dilansir dari Boldsky, Senin (12/8), dalam 100 gram bawang merah mengandung 72 kalori energi. Lalu terdapat 16,8 gram karbohidrat, 3,2 gram total serat makanan, 7,87 gram gula, 79,8 gram air, 2,5 gram protein, 37 miligram kalsium, 1,2 miligram besi, 21 miligram magnesium, 60 miligram fosfor, 334 miligram kalium, dan 12 miligram natrium.

Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan?

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Bawang merah kaya akan zat besi, tembaga, dan kalium. Mengonsumsi bawang merah dapat membantu merangsang produksi sel darah merah. Sehingga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah, mendistribusikan lebih banyak oksigen ke area-area penting tubuh, meningkatkan energi dan juga meningkatkan pertumbuhan sel.

2. Kelola Kolesterol

Bawang merah mengandung senyawa yang disebut allicin, yang dapat membantu mengelola kadar kolesterol dalam tubuh. Senyawa ini menghasilkan enzim yang disebut reduktase (diproduksi di hati) yang dapat membantu mengendalikan produksi kolesterol.

jantung,
Bawang putih dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung. (Be Healthy Today)

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti disebutkan, bawang merah kaya allicin untuk membantu dalam mengelola kadar kolesterol dalam tubuh. Efeknya akan meningkatkan kesehatan jantung karena kadar kolesterol yang rendah dalam tubuh dapat membantu mencegah timbulnya aterosklerosis, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

4. Kurangi Tekanan Darah

Kaya akan potasium dan allicin, kombinasi keduanya berperan sebagai vasodilator, meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh secara langsung berdampak pada tingkat tekanan darah tinggi. Potasium membantu relaksasi dinding pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

5. Kontrol Diabetes

Allium dan allyl disulfide, dua senyawa fitokimia yang ditemukan dalam bawang merah memiliki sifat anti-diabetes. Senyawa ini membantu dalam mengatur dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Gamma-aminobutyric acid dalam bawang merah adalah neurotransmitter pada relaksasi otak. Juga, berbagai mineral dan vitamin yang ditemukan dalam bawang merah, termasuk piridoksin meningkatkan fungsi yang sama, menenangkan saraf dan meredakan stres.

7. Pertahankan Kepadatan Tulang

Bawang merah kaya akan kalsium, yang membuatnya bermanfaat tidak hanya untuk mempertahankan tetapi juga meningkatkan kepadatan tulang. Mengonsumsi bawang merah secara teratur sangat baik untuk kesehatan tulang.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads