alexametrics

Setelah Covid-19 dan Hepatitis Misterius, Kini Muncul Virus Hendra

12 Mei 2022, 17:40:45 WIB

JawaPos.com – Hendra bukan nama seseorang, tetapi nama virus yang saat ini kembali muncul setelah sebelumnya sempat muncul pada tahun 1994 dan 2016. Infeksi virus Hendra (HeV) adalah zoonosis penyakit yang dapat ditularkan ke manusia dari hewan. Belum selesai dunia dari pandemi Covid-19 dan hepatitis misterius, kini muncul virus Hendra.

Baru-baru ini, Peneliti Griffith University telah menemukan varian virus Hendra baru yang dapat menular ke kuda dan manusia jauh lebih luas di seluruh Australia daripada yang diketahui sebelumnya. Diterbitkan di Emerging Infectious Disease, varian tersebut terdeteksi dalam urin rubah terbang berkepala hitam dan abu-abu melintasi distribusi geografis yang luas dari pantai utara-tengah NSW hingga Queensland tenggara.

“Deteksi varian Hendra baru dalam urin itu penting, karena kontak dengan urin rubah terbang yang terinfeksi adalah bagaimana kuda bisa terinfeksi,” kata pemimpin peneliti dr. Alison Peel, dari Pusat Kesehatan Planet dan Keamanan Pangan seperti dilansir dari India Education Diary, Kamis (12/5).

Kuda dan Kelelawar

Studi dikaitkan dengan spesies rubah terbang tertentu, membantu mengidentifikasi distribusi varian pada hewan-hewan ini dan risiko lompatan virus ke kuda dan kemudian manusia.

Bukti menunjukkan bahwa risiko virus Hendra pada kuda harus menjadi pertimbangan di mana pun rentang rubah terbang dan kuda tumpang tindih.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: