alexametrics

Waspada Dampak Makan Gorengan Berminyak Saat Buka Puasa dan Sahur

12 April 2022, 13:38:25 WIB

JawaPos.com – Saat berbuka puasa dan sahur, individu disarankan untuk memilih menu sehat dan gizi seimbang. Sebab, seringkali saat buka puasa dan sahur, tradisi makan gorengan berminyak dan bersantan menjadi kebiasaan yang rutin. Jika dilakukan sebulan penuh selama puasa, bakal berdampak bagi kesehatan.

Ahli mengatakan mengonsumsi makanan berminyak dalam jumlah besar atau diet yang tidak seimbang saat berbuka puasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Yaitu sakit perut dan gangguan usus yang dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Ahli Nutrisi Klinis dr. Taiyba Sultana merekomendasikan bahwa selama puasa sebaiknua harus mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna termasuk makanan yang mengandung serat. Ia menambahkan berbuka puasa harus dapat mengendalikan diri dari banyak masalah yang berhubungan dengan perut.

“Ramadan adalah masa refleksi spiritual dan siapa saja yang menderita penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, gagal jantung, penyakit paru-paru, dan radang sendi atau mereka yang minum obat, perlu lebih banyak perencanaan dan disiplin untuk menjalankan puasa”, katanya seperti dilansir dari Daily Times, Selasa (12/4).

Dia memperingatkan bahwa pola makan yang buruk di bulan Ramadan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Apa saja dampaknya?

Yaitu sakit perut, mulas, kembung, bersendawa, mual, tingkat energi rendah, dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Penggunaan produk berminyak yang berlebihan saat buka puasa dan sahur dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: