alexametrics

Pastikan Ginjal Tetap Sehat dengan Rutin Cek Gula Darah dan Ukur Tensi

12 Maret 2020, 09:31:16 WIB

JawaPos.com – Ada baiknya Anda memeriksa gula darah dan tekanan darah demi memantau kesehatan ginjal. Dua hal di atas tentunya juga perlu diperhatikan supaya Anda bisa terhindar dari gagal ginjal.

Dalam peringatan Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day atau WKD) yang jatuh pada tanggal 12 Maret, tahun ini mengangkat tema ‘Ginjal Sehat Untuk Semua di Mana Saja’. Sebuah pesan penting yang ingin disampaikan yaitu lakukan pencegahan dan deteksi dini penyakit ginjal serta upayakan pemerataan akses layanan yang diserukan kepada seluruh masyarakat luas.

Ketua Umum PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI) dr. Aida Lydia, PhD., SpPD-KGH, mengatakan, data kejadian Penyakit Ginjal Kronik (PGK) di dunia diperkirakan sekitar 11-13 persen dengan mayoritas pasien berada pada stadium 3. Penyakit ginjal tahap akhir, alias gagal ginjal, menjangkiti sekitar 5-10 juta orang di seluruh dunia.

“Angka ini hanya menunjukkan puncak dari fenomena gunung es, insiden PGK diperkirakan jauh lebih tinggi dari angka gagal ginjal,” katanya kepada wartawan, Rabu (11/3).

Di Indonesia, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi PGK sebanyak 3,8 per mil. Jumlah ini meningkat hampir 2 kali lipat apabila dibandingkan dengan tahun 2013 yaitu 2 per mil.

Akan tetapi diperkirakan angka yang sebenarnya lebih tinggi dari itu. Pernefri di tahun 2006 melakukan penelitian di beberapa titik di Jawa dan mendapatkan kejadian PGK sekitar 12,5 persen sesuai penelitian Prodjosudjadi tahun 2006. Sedangkan data Indonesian Renal Registry memperkirakan angka kejadian gagal ginjal yang memerlukan dialisis adalah sekitar 499 per juta penduduk.

Di dunia, sebanyak 850 juta orang di seluruh dunia kini diperkirakan menderita penyakit gagal ginjal dengan berbagai sebab. Penyakit ginjal kronik menyebabkan setidaknya 2,4 juta kematian per tahun dan pada 2040 diproyeksikan menjadi penyebab kematian terbesar kelima di dunia.

Gangguan ginjal akut (GgGA) atau Acute Kidney Injury (AKI), merupakan salah satu penyebab penting PGK, mengenai lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia dan 85 persen dari kasus ini ditemukan di negara dengan pendapatan rendah dan menengah (low-middle incomes countries/LMICs). Sekitar 1,7 juta orang diperkirakan meninggal setiap tahunnya karena AKI.

Selain itu, PGK dan AKI adalah kontributor penting untuk peningkatkan morbiditas dan mortalitas dari
penyakit dan faktor risiko termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes, hipertensi, obesitas, serta infeksi
seperti HIV, malaria, TBC, dan hepatitis.

Selain itu, PGK dan AKI pada anak-anak, tidak hanya menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang bermakna selama masa kanak-kanak. Maka dari itu, ubahlah pola hidup menjadi lebih sehat dan jangan lupa cek gula darah dan tekanan darah serta hindari kegemukan.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: