alexametrics

Rebusan Daun Salam Turunkan Kolesterol Usai Santap Daging Kambing

11 Agustus 2019, 15:31:23 WIB

JawaPos.com – Momentum Idul Adha jangan sampai membuat seseorang lupa diri dengan menyantap daging kurban berlebihan, terutama daging kambing. Ahli Gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Hardinsyah membenarkan nilai kolesterol daging kambing lebih tinggi 10 persen dibanding daging sapi.

Karena itu jika dikonsumsi 75 gram hingga 100 gram sehari masih dianggap memenuhi angka kecukupan gizi. Selain membatasi porsi makan, ada cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah usai menyantap daging kambing.

Dilansir dari Peak Diabetes, Minggu (11/8), cobalah cara alami dengan rebusan herbal daun salam. Daun yang beraroma harum aromatik itu dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, kolesetrol dan tekanam darah secara alami.

Daun salam dikenal sifatnya anti radang. Daun salam juga dikenal sebagai pengobatan anti-jamur. Daun salam huga bisa menyembuhan jaringan yang rusak atau terluka.

Senyawa kimia yang ditemukan dalam daun salam telah terbukti mengurangi profil glukosa (gula) dan lipid (lemak) dalam darah. Kedua faktor itu menentukan prevalensi diabetes menurut laporan oleh Journal of Clinical Biokimia dan Nutrisi.

Dilansir dari Organic Facts menyeduh teh daun salam sendiri di rumah sangat sederhana. Pertama, siapkan 3 lembar daun salam besar ke dalam panci (daun segar). Didihkan air dan biarkan teh mendidih selama 3 menit, lalu matikan api. Rendam daun salam selama 4 menit. Saring daun salam dan sajikan teh hangat-hangat. Jika ingin menambahkan pemanis seperti madu atau susu boleh juga sesuai selera. Maka buktikanlah beberapa manfaatnya :

1. Menurunkan Kadar Glukosa Darah

Studi menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu penderita diabetes tipe 2. Selain memberi rasa pada makanan, daun salam juga berperan dalam metabolisme glukosa. Salah satu masalah utama dengan diabetes tipe 2 adalah kelebihan kadar glukosa darah. Namun dengan daun salam, dapat membuat hidup lebih sederhana dalam hal pengelolaan glukosa darah. Ramuan kuat ini telah terbukti secara drastis meningkatkan stabilnya glukosa darah, membantu menurunkannya dari keadaan hiperglikemik.

2. Kurangi Kolesterol LDL
Sama seperti daun salam terbukti mengurangi kadar gula darah, dauj salam juga memiliki manfaat luar biasa menurunkan kadar kolesterol LDL (lemak jahat). Tidak semua kolesterol jahat.
Faktanya, dalam hal HDL, sangat penting untuk kesehatan karena itu disebut dengan lemak baik. Anda memerlukannya untuk banyak fungsi penting seperti produksi hormon dan kesehatan jantung.

Sedangkan LDL, justru sebaliknya. Ini memicu penyakit jantung dan hipertensi, kedua kondisi yang semakin mempersulit diabetes. Polifenol dalam daun salam membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Daun salam juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) pada pasien dengan diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan Respon Insulin
Daun salam bisa meningkatkan aktivitas insulin. Beraneka ragam kompleks polifenol dan fitokimia lainnya membantu sel beta pankreas (sel yang bertanggung jawab untuk sintesis insulin) menghasilkan lebih banyak insulin.

4. Turunkan Berat Badan
Daun salam bisa menyusutkan lemak. Ketika dikombinasikan dengan kayu manis, rempah antidiabetik kuat lainnya, daun salam dapat membantu menurunkan berat badan. Selain menurunkan lemak tubuh, daun salam dan rebusan kayu manis juga membantu penurunan berat badan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Close Ads