alexametrics

Hindari Risiko Kena Diabetes dengan Makan 2 Apel Sehari

11 Juni 2021, 11:11:45 WIB

JawaPos.com – Penelitian mengungkapkan manfaat buah apel untuk mengendalikan gula darah.
Makan dua porsi buah sehari diyakini bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 36 persen selama lima tahun ke depan.

Hal ini diungkapkan Penulis studi dr. Nicola Bondonno, dari Institut Penelitian Nutrisi Universitas Edith Cowan di Perth. Namun, tim peneliti Australia mengatakan, mereka tidak melihat pola yang sama muncul jika buah apel itu diminum dalam bentuk jus dua porsi setiap hari.

“Kami tidak melihat pola yang sama untuk jus buah. Temuan ini menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup sehat yang mencakup konsumsi buah utuh adalah strategi yang bagus untuk menurunkan risiko diabetes Anda,” kata peneliti seperti dilansir dari diabetes.co.uk, Jumat (11/6).

Baca Juga: Ahli Khawatirkan Efek Samping Obat Covid-19 Steroid Picu Diabetes

Uji coba melibatkan mempelajari data dari lebih dari 7.600 orang yang telah mendaftar untuk mengambil bagian dalam Studi Diabetes, Obesitas dan Gaya Hidup Australia dari Baker Heart and Diabetes Institute. Para relawan memberikan informasi tentang konsumsi buah dan minuman buah melalui kuesioner.

Mereka menemukan para peserta yang makan buah utuh memiliki risiko 36 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 lima tahun kemudian, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.
Para peneliti berpikir ada hubungan antara asupan buah dan sensitivitas insulin. Studi ini telah diterbitkan dalam Jurnal Endokrinologi & Metabolisme Klinis Masyarakat Endokrin

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads