alexametrics

Hubungan Antara Minum Kopi dan Tekanan Darah

10 November 2019, 08:44:50 WIB

JawaPos.com – Minum kopi sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kalangan. Ada juga yang menjadikan minum kopi adalah hobi atau gaya hidup. Lantas bagaimana dengan yang tidak bisa minum kopi? Sebagian orang pula mengaku tidak cocok minum kopi. Alasannya, punya masalah pada lambung.

Keengganan sebagian orang mengkonsumsi kopi karena kandungan kafein. Tidak jarang pula ada yang menyatakan kandungan kafein dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya, yakni tekanan darah.

Kafein dalam kopi sangat kuat dan membantu menghilangkan rasa kantuk atau lelah. Dilansir dari Pink Villa, Minggu (10/11), sejumlah penelitian menyebut dampak minum kopi terhadap tekanan darah dan kesehatan jantung, sebagai berikut.

1. Kopi dapat meningkatkan level tekanan darah sementara
Kopi dapat meningkatkan tekanan darah untuk waktu yang singkat setelah dikonsumsi. Namun itu hanya sementara. Faktanya, 200 mg kafein di dalam 2 cangkir kopi dapat menghasilkan peningkatan rata-rata 8 mm Hg dan 6 mm Hg masing-masing dalam tekanan darah sistolik dan diastolik.

Konsumsi kopi secara teratur tidak terkait dengan dampak pada tekanan darah. Sebab tubuh bisa mentoleransi kafein ketika meminumnya secara teratur. Ini berarti Anda mungkin bagi penikmat kopi, peluang meningkatnya tekanan darah tidak akan signifikan.

Mungkin bisa jadi ada peningkatan sementara dalam detak jantung dan tekanan darah setelah seseorang minum kopi. Namun, penelitian saat ini menunjukkan justru minum kopi ringan hingga sedang dapat melindungi kesehatan jantung.

Dalam laman Medical News Today disebutkan sebuah studi pada 2017 yang melibatkan 557 orang di Brasil menyebutkan, para peneliti menemukan bukti bahwa mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari dapat mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular dalam suatu populasi. Sementara, temuan studi 2019 menyarankan, minum lebih dari 6 cangkir kopi per hari dapat meningkatkan risiko kardiovaskular.

2. Kopi Mengandung Antioksidan
Kopi dapat meningkatkan tekanan darah sementara waktu setelah meminumnya. Ini hanya jangka pendek. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kopi harian tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap tekanan darah atau risiko keseluruhan penyakit jantung. Faktanya, kopi mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Pasien Hipertensi dan Minum Kopi
Konsumsi kopi tidak memiliki efek signifikan pada tekanan darah atau risiko penyakit jantung, bahkan ika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Disarankan pada penderita riwayat hipertensi untuk menunggu sampai tekanan darah terkendali sebelum minum kopi. Batasilah jumlahnya sesuai petunjuk dokter.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads