alexametrics

Solusi Dokter untuk Mengatasi Anak yang Pilih-pilih Makanan

10 Oktober 2021, 12:47:54 WIB

JawaPos.com – Salah satu masalah yang sering sekali dihadapi orang tua dengan anak berusia batita atau di bawah 3 tahun adalah pilih-pilih makanan atau picky eater. Hal ini kerap membuat ibu pusing. Sebab buah hati masih membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Bagaimana menghadapi anak yang tidak sekadar susah makan namun selalu pilih-pilih makanan?

Dokter spesialis anak dr. Herbowo Agung F. Soetomenggolo, Sp.A (K) dalam Instagram Live @teman_parenting pada menjelaskan, pilih-pilih makanan sebenarnya hal yang normal, dan terjadi juga pada orang dewasa. Namun, pada anak-anak yang baru mulai belajar makan, hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

“Ada banyak penyebab anak sulit makan,” katanya baru-baru ini.

Menurut dr. Herbowo, pola makan saat hamil ikut memengaruhi kebiasaan makan anak. Sehingga hal itu menjadi contoh kebiasaan bagi anak.

“Misalnya ibu hamil hanya mengonsumsi jenis makanan tertentu, maka si janin menjadi terbiasa hanya mengenali jenis makanan yang terbatas,” katanya.

Ada hal lain yang memicu anak menjadi picky eater. Pertama, karakter anak memang keras, jadi hanya mau makan itu-itu saja. Kedua, pola pemberian makan dari orang tua yang tidak bervariasi. Ketiga, ada gangguan atau penyakit pada anak seperti alergi, dan yang lebih jarang adalah karena kondisi yang disebut sensory processing disorder, yakini gangguan input sensorik.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads