src="https://cdn.geozo.com/mfel17291/ilv/0mp/30y8qh678vuq687/pky52d4.go">

Apakah Covid-19 jadi Penyakit Biasa di Masyarakat? Ini Kata Ahli

10 Agustus 2022, 10:07:55 WIB

JawaPos.com – Makin luasnya cakupan vaksinasi dan booster, sebagian besar masyarakat saat ini bisa dibilang cuek dengan Covid-19. Tak seperti dulu angka perawatan dan kematian melonjak tajam, saat ini umumnya Covid-19 membuat orang bergejala ringan kendati kematian masih ada. Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman membahas kemungkinan Covid-19 menjadi penyakit biasa atau flu biasa di masyarakat.

Menurut Dicky, saat penyakit parah akhirnya dinyatakan sebagai penyakit biasa atau umum di masyarakat, harus memenuhi beberapa indikator. Ia mencontohkan dulu penyakit tipes begitu berbahaya dan menakutkan, dan kini tipes dianggap umum serta bisa disembuhkan.

“Kalau orang sakit, masih ada stigma tidak? Sakit demam tipes, sekarang ah biasa. Coba bicara 100 tahun lalu, demam tipes ditakuti saat itu,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Setelah stigma yang menakutkan, apakah sudah ada obatnya? Bicara obat Covid-19, Dicky menilai obat yang tersedia sejauh ini masih belum relatif memadai untuk memastikan orang sembuh dari Covid-19.

“Kita harus punya obat yang kalau orang itu sakit masuk RS, yakin dapat perawatan dan tak ada kematian. Kalau bicara stigma, stigmanya kan masih ada. Meski sudah jauh menurun. Bicara obat? Obat saja masih terbatas, belum relatif memadai sempurna jadi obat yang menyembuhkan,” jelas Dicky.

Paxlovid Punya Kekurangan

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: