Dokter Anjurkan Minum Air Dingin Tanpa Es Batu Saat Cuaca Panas

10 Mei 2022, 21:56:39 WIB

JawaPos.com – Cuaca terik dan panas akhir-akhir ini hingga 33-34 derajat Celcius membuat rasa haus dahaga tak tertahankan. Salah satu cara untuk melepaskan rasa dahaga itu adalah dengan minum es dingin-dingin untuk menyegarkan tenggorokan. Apakah itu aman untuk kesehatan tubuh baik bagi anak maupun orang dewasa?

Ternyata Dokter Spesialis Anak yang juga Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Muzal Kadim justru menganjurkan saat cuaca panas baik untuk minum air dingin, tanpa ditambah es batu. Justru air dingin akan menurunkan suhu tubuh yang sedang terpapar teriknya panas matahari.

“Baik anak maupun orang dewasa, saat cuaca di luar sedang terik atau panas, maka jika haus sebaiknya malah air agak dingin ya. Yang dianjurkan dalam cuaca seperti ini minum air es agak dingin, tapi jangan terlalu dingin jangan ditambah es lagi,” kata dr. Muzal dalam konferensi pers bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Selasa (10/5).

Jika berlebihan atau ditambah es batu, kata dia, justru malah memicu timbulnya penyakit batuk pilek atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Prinsipnya, kata dia, sebaiknya jangan minum air hangat.

“Nanti kalau minum es berlebihan malah terjadi ISPA ya. Tapi kalau saat ini cuacanya panas, minum dingin boleh tapi agak dingin. Prinsipnya jangan air hangat ya. Minum air biasa atau agak dingin sedikit itu yang dianjurkan,” katanya.

“Asal jangan berlebihan, seperti makan es krim berlebihan, es batu berlebihan, es lilin, sirup pakai es batu,” jelasnya.

Lalu mengapa jangan air hangat?

Prinsipnya, kata dia, air es atau air agak dingin akan menurunkan suhu tubuh akibat cuaca panas. Jika minum air hangat, justru akan membuat suhu tubuh naik dan menjadi tak nyaman.

“Ya itu sebenarnya (air dingin) untuk mendinginkan suhu badan, kalau lagi cuaca panas. Sama seperti para atlet, habis olahraga suhu badan kan lebih meningkat sama seperti cuaca terik. Kita dianjurkan dinginkan suhu badan dengan air biasa dan air agak dingin sedikit. Tapi itu tidak saklek ya, sebaiknya jangan minum air hangat nanti tubuhnya enggak nyaman,” tutupnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: