Rutin Sarapan, Ini Manfaatnya Kata Ahli Gizi

10 Maret 2022, 06:07:58 WIB

JawaPos.com–Jangan asal memilih menu sarapan. Sebab ternyata menu sarapan yang baik dapat memenuhi 15 persen gizi harian.

Fakta itu terungkap dalam Pekan Sarapan Nasional (Pesan) 2022 oleh Herbalife Nutrition Indonesia. Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga asupan nutrisi seimbang melalui sarapan sehat serta menjaga kebugaran tubuh dengan kegiatan olahraga.

”Sarapan yang bernutrisi dapat menyuplai energi bagi tubuh dan otak Anda untuk tetap aktif melakukan kegiatan seperti bekerja dari rumah. Awali pagi dengan nutrisi seimbang dan kegiatan positif lain seperti olahraga dan sharing info nutrisi,” kata Andam Dewi secara virtual baru-baru ini.

Ahli Gizi dan Nutrition talk bersama NAB Herbalife Nutrition Indonesia Rimbawan mengatakan, sarapan yang sehat dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk menciptakan komunitas yang sehat dan bugar. Berbagai penelitian dan publikasi kesehatan menunjukkan daya tahan dan kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan dengan produktivitas yang memadai akan dimiliki individu dengan nutrisi yang baik.

”Namun, kesibukan masyarakat modern saat ini sering menjadi hambatan untuk sarapan di pagi hari,” tutur Rimbawan.

Mengacu pada data Riset Kesehatan Dasar pada 2013, menu sarapan yang baik mengandung sedikitnya 15 persen dari kebutuhan gizi. Berdasar Asia Pacific Breakfast Habits Survey Report yang diadakan Herbalife Nutrition pada 2021, sarapan pagi merupakan kegiatan yang dinantikan 59 persen mayoritas penduduk Indonesia. Bahkan sebanyak 69 persen penduduk Indonesia juga mengaku rutin melakukan sarapan pagi selama 7 hari dalam seminggu.

Apa manfaat sarapan dengan menu yang tepat? Sarapan bernutrisi sehat dengan asupan kalori, nutrisi, dan keseimbangan protein, memberi energi yang stabil. Dengan komposisi kalori, karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya yang seimbang, dapat menunjang berbagai kegiatan bugar yang dilakukan untuk melengkapi gaya hidup aktif.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads