alexametrics

Prodia Luncurkan IMMUNErisk, Cek Risiko Penyakit Lewat Gen

10 Februari 2020, 08:34:32 WIB

JawaPos.com – PT Prodia Widyahusada Tbk meluncurkan suatu produk pemeriksaan berbasis gen, yakni lMMUNErisk. Pemeriksaan lMMUNErisk mampu mendeteksi risiko seseorang terhadap tujuh jenis penyakit terkait sistem imun serta alergi.

“Pemeriksaan lMMUNErisk itu adalah sekumpulan pemeriksaan, kita yang diperiksa itu gennya, jadi kecenderungan seseorang untuk mengalami satu penyakit, kita melihatnya itu berdasarkan gen yang dimiliki oleh orang tersebut,” terang Product Manager Prodia Trilis Yuilanti kepada JawaPos.com di FX Sudirman, Jakarta, Minggu (9/2).

Alasan pihaknya membuat produk tersebut adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mendeteksi suatu penyakit. Pasalnya, suatu penyakit lebih mudah diketahui melalui DNA.

“Kalau sebelumnya sebelum sakit itu ada yang screening (penyakit) setiap tahun kan, itu ingin menemukan sendainya ada gejala. Sekarang sudah canggih lagi, ada pemeriksaan gen untuk bisa prediksi, prediksi apakah punya kecenderungan suatu penyakit meskipun penyakit itu belum muncul, itu dari gen,” tambah dia.

Hal lainnya yang menguntungkan bagi masyarakat adalah IMMUNErisk cukup dilakukan satu kali untuk seumur hidup. Hasil pemeriksaan akan menunjukkan kategori risiko penyakit berdasarkan profil gen dalam tubuh seseorang, yakni low risk, average risk, potential risk, dan high risk.

“Kami berharap, dengan adanya pemerlksaan IMMUNErisk, penyakit autoimun dan alergi dapat dicegah dengan menerapkan personalized prevention berdasarkan profil genomik masing-masing individu. Seluruh pemeriksaan Prodia Genomics, termasuk lMMUNErisk dapat dilakukan di seluruh cabang Prodia” tutur Direktur Bisnis dan Marketing lndriyanti Rafi Sukmawati.

Penyakit yang terkait dengan sistem imun memang lebih banyak menyerang wanita, diduga karena tingkat stres wanita yang Iebih tinggi. Namun, bukan berarti dapat diabaikan oleh Pria, semua kalangan masyarakat tetap harus waspada. Dengan mengetahui risikonya lebih awal, maka merubah atau memperbaiki pola hidup yang lebih sehat dapat segera dilakukan agar terhindar dari munculnya penyakit yang berisiko tersebut dikemudikan hari.

“Jika hasilnva menunjukkan seseorang memiliki high risk terhadap salah satu penyakit, Prodia juga memberikan free konsultasi dengan genetic counselor untuk membicarakan Iangkah tepat yang dapat diambil selanjutnya,” kata dia.

Berikut penyakit yang dapat dideteksi risikonya oleh IMUNNErisk, antara lain:

1. Rheumatoid Arthritis
Peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri.

2. Psoriasis
Peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas.

3. Lupus
Penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem imun tubuh yang bekerja dengan keliru atau sistem imun yang menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri.

4. Alopecua Areata
Rambut rontok tiba-tiba yang dimulai dengan satu atau beberapa bekas botak melingkar yang mungkin tumpang tindih.

5. Vitiligo
Penyakit yang menyebabkan warna kulit memudar atau berubah dengan tidak menjadi warna kulit alami.

6. Allergic Rhinitis
Peradangan yang terjadi pada rongga hidung akibat reaksi alergi.

7. Atopic Dermatitis
Penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya rasa gatal secara terus-menerus dan timbul ruam kulit yang memerah.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking


Close Ads