alexametrics

Mengenal Penularan Penyakit Lyme yang Diderita Justin Bieber

10 Januari 2020, 09:43:28 WIB

JawaPos.com – Penyanyi Justin Bieber baru saja mengumumkan kalau dirinya tengah berjuang melawan penyakit Lyme. Atas penyakitnya tersebut, Justin Bieber sempat diejek netizen karena penampilannya. Karena pada kenyataannya, penyakit lyme membuat seseorang mirip seperti sedang ruam atau alergi. Lantas, seperti apa sih penyakit lyme yang menimpa Justin bieber?

Lyme adalah infeksi bakteri yang ditularkan oleh kutu Ixodes, atau dikenal sebagai kutu rusa, dan kutu berkaki hitam. Arachnida kecil ini biasanya ditemukan di daerah berhutan dan berumput. Meskipun orang mungkin menganggap Lyme sebagai penyakit yang ada di Pantai Timur, tapi kenyataanya penyakit itu ditemukan juga di seluruh Amerika Serikat dan juga di lebih dari 60 negara lain.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memperkirakan bahwa 300 ribu orang didiagnosis mengidap penyakit Lyme di AS setiap tahun. Namun, karena sulit didiagnosa, banyak orang yang menderita Lyme mungkin salah didiagnosis dengan kondisi lain.

Prevalensi Penyakit Lyme

Penyakit Lyme menyerang orang-orang dari segala usia. Paling umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua. Biasanya juga menyerang seseorang dengan profesi petugas pemadam kebakaran serta penjaga taman yang menghabiskan waktu dalam kegiatan di luar ruangan dan memiliki paparan kutu yang lebih tinggi.

LymeDisease.org menjelaskan penyakit Lyme disebabkan oleh spirochete (bakteri) berbentuk pembuka botol yang disebut Borrelia burgdorferi. Lyme disebut ‘The Great Imitator’ karena gejalanya meniru banyak penyakit lain. Penyakit ini dapat memengaruhi organ tubuh, termasuk otak dan sistem saraf, otot dan sendi, dan jantung.

Pasien dengan penyakit Lyme sering salah didiagnosis dengan sindrom kelelahan kronis, fibromyalgia, multiple sclerosis, dan berbagai penyakit kejiwaan, termasuk depresi. Kesalahan diagnosis dengan penyakit-penyakit lain ini dapat menunda diagnosis dan pengobatan yang benar karena infeksi yang mendasarinya berlanjut tanpa diperiksa.

Bagaimana Penularannya

Kebanyakan orang mendapatkan Lyme dari gigitan kutu yang belum matang. Karena mereka sangat kecil dan gigitannya tak menyakitkan, bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah digigit.

Semakin lama melekat, semakin besar kemungkinan akan mentransmisikan Lyme dan patogen lain ke dalam aliran darah. Jika ibu hamil terinfeksi, mereka bisa menularkan penyakit Lyme ke anak-anak yang belum lahir dan setelah lahir.

Penyakit Lyme telah ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Lalu ditemukan di seluruh Amerika Serikat, dengan insiden sangat tinggi di Pantai Timur, Midwest, dan Barat.

Tidak semua kutu terinfeksi. Kutu terinfeksi dapat bervariasi dari 0%l persen hingga lebih dari 70 persen di daerah yang sama. Ada juga penyakit mirip Lyme yang disebut STARI (Southern Tick-Associated Rash Illness) yang ditularkan oleh kutu Lone Star. Para ilmuwan masih memperdebatkan tentang organisme apa yang ada dalam kutu Lone Star yang dapat menyebabkan penyakit ruam pada pasien.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads