alexametrics

Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Jus Seledri dan Bayam

9 September 2019, 08:47:48 WIB

JawaPos.com – Di balik semua tren minum jus seledri yang viral di media sosial, ternyata seledri memang baik untuk kesehatan. Akan lebih efektif jika dicampur dengan bayam. Manfaatnya bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Hipertensi yang juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, disebabkan karena masalah gaya hidup. Kurangnya aktivitas fisik dan mengonsumsi junk food terus-menerus bisa memicu tekanan darah tinggi. Hipertensi disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi, yang berpotensi komplikasi seperti jantung, diabetes, dan gagal ginjal.

Lalu, apa hubungannya seledri dan bayam dengan tekanan darah tinggi?

Seperti yang sudah dikatakan, bayam dan seledri dipercaya tidak hanya mengelola gula darah dalam tubuh, tetapi juga baik untuk membantu mengontrol hipertensi. Bayam tidak hanya kaya akan serat dan kalium, tetapi juga kaya akan lutein yang membantu pembuluh darah menjadi rileks. Efeknya bisa menurunkan tekanan darah. Bayam juga mengandung jumlah magnesium yang baik yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah.

Sedangkan, seledri kaya akan serat dan juga membantu menjaga berat badan. Seledri mengandung senyawa yang disebut 3-n-butylphthalide yang menahan fluktuasi tekanan darah dan juga mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga bayam dan seledri adalah campuran yang sempurna.

Nutrition Specialist Rachel Olsen kepada JawaPos.com menjelaskan, minum jus seledri bukan sekadar trend tetapi memang fakta bisa meningkatkan kesehatan. Menurutnya, minum jus seledri bisa efektif jika diminum dalam kondisi perut yang kosong di pagi hari. Hal itu juga berlaku untuk semua jus yang lebih diminum pagi saat perut kosong.

“Karena itu akan menguatkan lambung dan meningkat penyerapan vitamin dan mineral dalam jus,” ujarnya.

Cara Membuat jus seledri dan bayam:

Siapkan perasan jeruk nipis, bayam, seledri, mentimun, dan air. Cuci daun bayam dan rebus sampai matang. Kemudian ambil dua atau tiga batang seledri dan potong-potong kecil-kecil. Setelah bayam direbus, biarkan dingin, dan masukkan ke dalam juicer beserta seledri. Tambahkan satu sendok teh air jeruk nipis. Hindari gula dan garam. Tambahkan air ke bahan-bahannya, lalu haluskan. Tuang ke dalam gelas, dan konsumsilah.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads