alexametrics

Waspadai Bahayanya, Tak Semua Kemasan Plastik Cocok untuk Usia Anak

9 Juni 2021, 18:08:44 WIB

JawaPos.com – Tanpa disadari, wadah atau kemasan makanan dan minuman seperti botol, tempat bekal, hingga piring dan gelas utnuk anak terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah. Salah satunya plastik. Tapi, tahukah Anda, kalau tidak semua kemasan atau wadah plastik aman untuk anak.

Saat ini, aneka jenis plastik dengan mudah ditemukan di pasaran dan digunakan secara luas baik sebagai kemasan pangan maupun perabotan rumah tangga. Plastik merupakan polimer sintetis yang telah digunakan manusia sejak lebih dari 70 tahun lalu.

Harus diakui, penggunaan wadah atau kemasan plastik memang berpotensi membuat anak-anak terpapar bahan kimia berbahaya. Menurut laporan dari American Academy of Pediatrics (AAP), ada bukti bahwa anak-anak mungkin tanpa sadar menelan unsur-unsur berbahaya dari bahan tambahan makanan dan bahan kemasan tertentu termasuk plastik.

Untuk itu, penggunaan wadah atau kemasan plastik makanan dan minuman harus yang aman sesuai dengan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ketua Komnas Anak Arist Merdeka Sirait meminta masyarakat untuk cermat dalam menggunakan plastik dan mengetahui jenis-jenis plastik yang bisa berdampak untuk kesehatan tubuh.

Arist mengingatkan masyarakat khususnya para ibu untuk jeli dalam memilih kemasan plastik yang akan digunakan untuk bayi dan anak-anak mereka. Hal itu mengingat tidak semua kemasan berbahan plastik untuk makanan dan minuman itu cocok untuk seluruh usia.

“Di Indonesia, masih saja dipakai kemasan-kemasan plastik misalnya piring yang untuk nasi, juga kemasan botol susu anak-anak, yang kalau diperhatikan jika terkena sinar matahari bisa melengkung. Itu juga digunakan oleh bayi dan balita,” ujar Arist dalam konferensi pers, Selasa (8/6).

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads