alexametrics

5 Langkah Pertolongan Pertama Saat Muncul Gejala Hepatitis Misterius

9 Mei 2022, 11:49:47 WIB

JawaPos.com – Gejala awal penyakit hepatitis misterius umumnya menyerang saluran pencernaan ditandai dengan mual, muntah, diare, disertai demam. Jika sudah muncul gejala seperti ini sebaiknya segera membawa anak Anda ke dokter agar gejala tidak berlanjut. Sebelum pergi ke dokter, sebaiknya tidak panik. Lakukanlah langkah pertolongan pertama.

Data Kementerian Kesehatan gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan gejala gastrointestinal (saluran pencernaan). Lalu diikuti dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (Penyakit Kuning) akut. Sebagian besar kasus tidak ditemukan adanya gejala demam.

Jika anak-anak memiliki sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, itu menjadi gejala awal. Lalu diikuti dengan gejala lanjutan seperti gejala kuning, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, dan penurunan kesadaran.

“Jangan tunggu sampai gejala berlanjut. Saat gejala awal muncul, segera pergi ke fasilitas kesehatan,” kata Dokter Spesialis Anak yang juga Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Muzal Kadim dalam konferensi pers baru-baru ini.

Sedikitnya ada 5 langkah  pertolongan pertama untuk meredakan gejala awal sebelum anak dibawa ke dokter. Apa saja?

1. Beri Paracetamol

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: