alexametrics

15 Anak Positif Tertular, ini Kronologi Hepatitis Misterius Masuk RI

9 Mei 2022, 20:33:19 WIB

JawaPos.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan sejauh ini total sudah 15 anak di Indonesia terkonfirmasi tertular hepatitis akut misterius. Dari 15 kasus, 3 di antaranya meninggal dunia di Jakarta. Ke-15 pasien tersebut tertular penyakit dengan gejala yang sama dengan hepatitis namun belum bisa dipastikan virus apa penyebabnya.

Menkes Budi menceritakan awal mula kali pertama virus hepatitis akut masuk ke Indonesia. Dari awal hanya ditemukan 3 kasus di Indonesia, kini berkembang menjadi 15 anak menderita hepatitis akut misterius.

“Saat ini total sudah 15 kasus terjadi di Indonesia,” tegas Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (9/5).

Pertama, kasus ini terjadi bermula di Eropa. Tanggal 23 April 2022, kasus hepatitis akut misterius ditemukan di Eropa. Dan saat itulah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) atau outbreak.

Kemudian, pada 27 April, Indonesia menemukan 3 kasus anak tertular hepatitis misterius di Jakarta. Ketiganya dirawat di RS Cipto Mangunkusumo merupakan pasien rujukan dari RS di Jakarta. Namun ketiganya meninggal dunia alias tak tertolong.

Setelah itu, Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 Tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) tertanggal 27 April 2022. Surat itu diterbitkan seiring kabar meninggalnya 3 anak di Jakarta karena kasus hepatitis yang disebut juga dengan sakit kuning.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads