alexametrics

Buktikan Khasiat Kurkumin dalam Jamu Kunyit dan Jahe Untuk Imun Tubuh

9 April 2020, 14:57:08 WIB

JawaPos.com – Indonesia sudah akrab dengan jamu sejak lama. Bahan-bahan seperti kunyit, jahe, dan temulawak sudah biasa digunakan sebagai warisan nenek moyang untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Dalam laman Healthline disebutkan, kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Studi terbaru menunjukkan bahwa kunyit dapat berperan dalam penurunan berat badan.

Faktanya, studi laboratorium menunjukkan bahwa kurkumin dapat menekan penanda inflamasi tertentu yang berperan dalam obesitas. Penanda ini biasanya meningkat pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Secara umum, kunyit dan kurkumin dianggap aman. Penelitian jangka pendek menunjukkan bahwa mengonsumsi hingga 8 gram kurkumin per hari tak ada efek sampingnya.

Meski begitu, tetap konsultasikan dulu pada dokter sebelum mengonsumsinya jika Anda punya riwayat penyakit sebelumnya. Tapi di tengah wabah Covid-19 saat ini, temulawak, kunyit dan jahe, memang menjadi incaran. Sebab ketiga bahan herbal itu mengandung kurkumin.

Praktisi Industri Herbal dari PT. Air Mancur Group Bambang Priyambodo menjelaskan kurkumin adalah bahan aktif yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh (immune booster). Dunia kesehatan mengakui hal ini seperti disebutkan di dalam jurnal Curcumin: A Review of Its’ Effects on Human Health.

“Penelitian tersebut menuliskan bahwa konsumsi 500 mg kurkumin setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh,” ungkapnya kepada JawaPos.com, Kamis (9/4).

Dia berharap masyarakat lebih rutin mengonsumsi jamu guna meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Bahan dasar dari jahe, kunyit, dan temulawak bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain menjaga daya tahan tubuh dengan kurmumin, kata dia, tentunya masyarakat harus tetap disiplin dalam menerapkan physical distancing, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer dan menggunakan masker. Pihaknya bersama Badan POM juga menyarankan agar masyarakat rutin mengonsumsi jamu dan madu.

“Bagi sebagian masyarakat yang kini harus beradaptasi dengan rutinitas baru belajar dan bekerja dari rumah, jamu kemasan dengan kandungan kurkumin siap saji juga bisa menjadi pilihan yang tepat dan aman,” jelas Bambang.

“Semoga dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat, kita semua masyarakat Indonesia bisa melewati pandemi Covid-19 ini bersama-sama dalam kondisi sehat,” katanya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads