alexametrics

Perhatikan 8 Langkah Penting Sesudah Implan Payudara

8 Agustus 2019, 12:09:09 WIB

JawaPos.com – Payudara adalah aset kaum hawa. Karena itu ketika payudara tak sesuai ukuran yang digarapkan atau nampak kendur akan membuat perempuan tak percaya diri. Apalagi ketika mereka sudah masuk fase hamil yang bisa memengaruhi bentuk payudara. Tak jarang banyak perempuan pergi ke klinik kecantikan untuk mengencangkan payudara mereka agar tampak lebih proporsional.

Salah satu perawatan payudara yang sedang menjadi tren adalah Breast Augmentation atau Implan Payudara. Implan payudara dilakukan pada perempuan yang menginginkan payudaranya lebih kencang.

“Asal dilakukan dengan baik, dengan dokter yang tepat, dokter yang kompeten, dan ukuran implan yang sesuai, implan payudara cenderung aman,” tegas Ahli bedah plastik, dr. Danu Mahandaru, Sp BP-RE, kepada JawaPos.com, Kamis (8/8).

Menurutnya, bedah plastik implan payudara dilakukan dari mulai lipatan buah payudara, lingkar puting, dan ketiak. Biasanya, tren kecantikan yang satu ini paling banyak dilakukan oleh perempuan usia 30-50 tahun.

“Jika dilakukan dengan benar dan oleh ahli yang tepat, pemasangan implan payudara tak akan berdampak pada produksi ASI di kemudian hari,” tegasnya

Dilansir dari Nuffiedhealth, Kamis (8/8), beberapa tips bisa dilakukan usai menjalani implan payudara agar hasilnya lebih optimal dan nyaman untuk Anda. Di antaranya,

1. Tidur Cukup

Tidur setelah operasi implan payudara sangat penting. Tidur adalah kunci sistem kekebalan tubuh yang sehat dan akan memberi pemulihan yang lebih baik dan lebih cepat. Tidur juga telah terbukti meningkatkan rasa nyaman.

2. Tidur Telentang

Sering disarankan untuk tidur telentang dan sedikit duduk sebentar. Cara ini meningkatkan sirkulasi dan menjaga payudara dalam posisi paling alami bahkan ketika mengenakan bra. Berlatihlah tidur telentang.

3. Jauhi Kafein

Hindari kafein, alkohol, gula, dan batasi ponsel satu jam sebelum tidur. Tetaplah beraktivitas seperti biasa. Berjalan-jalanlah secara teratur sepanjang hari agar membantu sirkulasi dan mengurangi risiko pembekuan darah pasca operasi. Cara ini juga membantu dan menjaga dari kekakuan dan pegal di bagiaj punggung.

4. Hidrasi

Asupan cairan sangat dibutuhkan pasca operasi implan. Sehingga tubuh akan tetap terhidrasi agar hasilnya optimal.

5. Makanan Pemulihan

Makanan kalori tidak semuanya buruk, usai operasi justru akan membantu tubuh dalam penyembuhan. Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, kenari, dan kacang pinus sangat bagus untuk penyembuhan jaringan kulit. Biji termasuk labu, wijen, dan bunga matahari membantu regenerasi jaringan. Buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, kiwi, dan nanas meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Protein bisa didapatkan dari ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, kedelai atau biji-bijian adalah nutrisi makro penting untuk memperbaiki jaringan.

6. Porsi Makan

Salah satu nasihat penting adalah makan lebih sedikit dan mungkin lebih sering. Makan besar membutuhkan energi untuk dicerna. Makanlah dalam porsi yang lebih kecil atau makan ringan untuk memulihkan energi tubuh.

7. Mengurangi Aktivitas

Kurangi aktivitas berat seperti memindahkan barang-barang ke atas. Lakukan kegiatan yang ringan saja.

8. Pakaian Nyaman

Dokter bedah mungkin akan menyarankan bra tanpa kawat pada awalnya. Banyak pasien pasca operasi lebih nyaman menggunakan bra olahraga.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads