alexametrics

Bahaya Setop Minum Obat Hipertensi, Hati-hati Komplikasi

8 April 2021, 12:21:41 WIB

JawaPos.com – Sebagian pasien darah tinggi atau hipertensi memutuskan untuk berhenti minum obat setelah satu tahun sakit. Alasannya macam-macam, salah satunya percaya mitos terlalu banyak minum obat bisa mengganggu kesehatan ginjal.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diperkirakan 1,13 miliar populasi menderita hipertensi. Data 2015 menunjukkan 1 dari 4 pria dan 1 dari 5 perempuan, menderita hipertensi.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Faris Basalamah, SpJP(K), spesialis di Klinik Heartology Cardiovascular Center pada bidang intervensi jantung dan elektrofisiologi mengatakan, kurang dari 1 penderita berhasil mengendalikan hipertensi. Hipertensi yang tidak terkendali dapat mengakibatkan peningkatan resiko penyakit jantung, stroke,dan ginjal.

Baca Juga: Tekanan Darah Sering 140/90, Waspada Penyakit Hipertensi Terselubung

“Hipertensi merupakan penyebab utama kematian prematur di dunia. Selama ini tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan perubahan pola makan atau konsumsi obat-obatan penurun tekanan darah,” kata dr. Faris kepada wartawan dalam webinar, Kamis (8/4).

“Sayangnya, hampir setengah dari semua pasien berhenti minum obat setelah satu tahun,” tambahnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads