JawaPos Radar

8 Cara Agar Stamina Tetap Fit di Bawah Paparan Cuaca Dingin

07/07/2018, 16:20 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
8 Cara Agar Stamina Tetap Fit di Bawah Paparan Cuaca Dingin
Ilustrasi cuaca dingin (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Cuaca dingin menyelimuti sejumlah kota di Indonesia. Jakarta dan Bandung serta kota besar lainnya. Tubuh seolah dipaksa menyesuaikan diri  terhadap cuaca ekstrem. Akibatnya, daya imun bisa kendor saat terjadi perubahan cuaca. Lantas bagaimana cara berahan terhadap paparan udara dingin tersebut? 

Ahli Endoskopi Gastrointenstinal yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, punya solusinya. 

"Mudah-mudahan informasi ini dapat digunakan untuk antisipasi dan mengatasi masalah udara ekstrem yang ada saat ini sebagian wilayah Indonesia yang terjadi terutama pada malam hari, bersamaan sebagian masyarakat sedang seru-serunya nonton bareng piala dunia 2018," ujarnya kepada JawaPos.com, Sabtu (7/7).

1. Gunakan Pakaian Penghangat Badan

Salah satu cara untuk melindungi diri dari sengatan udara dingin yaitu mengenakan penghangat badan. Gunakan jaket yang dapat menutupi seluruh tubuh. Diusahakan agar menggunakan pakaian berlapis. Gunakan tutup kepala tambahan, kaos kaki tebal dan sarung tangan selama berada di luar di saat udara dingin menyengat di luar rumah. 

2. Gunakan Pakaian Kering dan Bersih

Selalu untuk menggunakan pakaian kering dan bersih. Agar tubuh tetap sehat.

3. Lotion Tubuh

Sengatan udara dingin dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, sehingga berpotensi memicu terjadinya luka. Maka disarankan agar mengoleskan lotion pada kulit tangan dan telapak kaki.

4. Pelembap Bibir

Bibir dan lubang hidung juga disarankan agar selalu diolesi krim. Tentunya krim yang diperuntukan untuk bibir dan hidung. Sehingga tidak menimbulkan luka yang dapat mengurangi nafsu makan atau malah mengalami mimisan. Hal tersebut sering terjadi pada seseorang yang mengalami kekeringan lubang hidung.

5. Cukup Minum

Minum yang cukup untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Saat udara dingin kita cenderung tidak haus dan menghindari minum.

6. Hindari Kafein

Hindari minuman yang mengandung kafein berlebihan. Misalny kopi atau minuman bersoda. Sebab,  mengonsumsi minuman tersebut dapat mengakibatkan dehidrasi dan tubuh menjadi tidak tahan terhadap dingin. 

Jika buang air kecil kita menjadi lebih keruh hal ini merupakan tanda bahwa kita harus meningkatkan untuk mengkonsumsi air.

7. Asupan Buah dan Sayur

Makan merupakan hal penting dan selalu diperhatikan. Apabila asupan makan kita tidak baik tentunya secara umum hal ini juga akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Tetap mengosumsi buah dan sayur-sayuran yang cukup.

8. Asupan Kalori

Makanan mengandung kaluri tinggi disarankan agar dikonsumsi. Misalnya makanan sumber karbohidrat dan berlemak.  Hal ini dapat menjaga tubuh agar senantiasa dalam kondisi hangat. Sehingga stamin bisa tetap senantiasa dalam kondisi vit.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up